Home / Post / Berita / Babinsa Supiori Dampingi Petugas Imunisasi Campak Dan Rubella

Babinsa Supiori Dampingi Petugas Imunisasi Campak Dan Rubella

Supiori – Dalam rangka ikut menyukseskan program imunisasi Measles Rubella (MR) di Wilayah Kabupaten Supiori, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serda Habel Kopong melaksanakan pendampingan kepada 2 orang Petugas Kesehatan dari Puskesmas Sabar Miokre Distrik Supiori Barat memberikan Imunisasi Measles Rubella (MR) kepada anak-anak balita, Senin (15/10/18).

Kegiatan Imunisasi MR merupakan program pemerintah melalui Kementrian Kesehatan yang harus disukseskan. Hal tersebut digalakkan dalam rangka mewujudkan generasi bangsa yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit khususnya campak dan rubella.

Seperti yang kita tahu, campak dan rubella merupakan penyakit infeksi menular yang beresiko tinggi. Kedua penyakit tersebut ditularkan kepada seseorang yang belum pernah mengalami penyakit campak dan rubella. Selain itu juga dapat menyerang seseorang yang belum pernah mendapatkan vaksin campak dan rubella.

Vaksin MR adalah kombinasi vaksin Campak/Measles (M) dan Rubella (R) untuk memberikan perlindungan tubuh agar lebih kuat terhadap tertular oleh kedua virus penyakit tersebut. Campak dan rubella merupakan jenis penyakit yang tidak dapat diobati (virus penyebab penyakit tidak dapat dibunuh), maka dengan Imunisasi MR ini adalah cara pencegahan terbaik untuk keduanya.

Vaksin yang digunakan pada program imunisasi dari pemerintah ini telah mendapatkan rekomendasi dari WHO dan izin edar dari Badan POM. Vaksin ini aman dan telah digunakan dilebih dari 141 negara di dunia.

Imunisasi ini diberikan untuk semua anak-anak balita (laki-laki dan perempuan) usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun. Imunisasi MR masuk dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan, dan kelas 1 SD atau sederajat, menggantikan Imunisasi Campak. (Prd/Cen)

About redaksi