Home / Post / Berita / Bentuk Sinergitas TNI Rakyat di Tengah Masyarakat

Bentuk Sinergitas TNI Rakyat di Tengah Masyarakat

Biak –  Seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk dapat merangkul dan mengambil hati rakyat harus dapat berbaur diberbagai kegiatan yang ada di tengah masyarakat. Hal tersebut harus mampu dilakukan oleh Babinsa dalam rangka meningkatkan pembinaan yang sesuai dengan fungsinya yaitu pembinaan dan pendayagunaan-geografi, demografi dan kondisi sosial yang menjadi ruang, alat dan kondisi yang diperlukan untuk mencapai tugas pokok TNI.

Babinsa merupakan ujung tombak dari masing-masing satuan komando kewilayahan yang salah satu tugas pokoknya adalah membantu mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh masyarakat seperti, membantu korban-korban bencana banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan masih banyak lagi kegiatan sosial lainnya.

Hal-hal tersebut dapat terlaksana dengan baik karena para Babinsa benar-benar tulus dan ikhlas dalam melaksanakan tugasnya untuk membina dan membantu masyarakat, karena mereka menyadari bahwa tidak selamanya akan menjadi tentara dan dipastikan suatu saat mereka pasti akan kembali ke rakyat dan menjadi rakyat.

Salah satu bentuk batuan yang diberikan oleh Serda Anthonius Hendro anggota Kodim 1708/BN dari Koramil 03/Biak Barat kepada warga masyarakat adalah dengan membantu pembuatan sebuah rumah salah satu warga yaitu Bpk. Burhan Rumkoren (56 tahun) secara bergotong-royong, di Kampung Swainober Distrik Swandiwe Kabupaten Biak Numfor  Kamis (18/10/ 2018).

Serda Anthonius mengatakan, “Babinsa adalah rekan, sahabat dari masyarakat, juga mitra dalam menciptakan pengalaman hidup yang ada di desa. Jadi jangan takut, sungkan ataupun ragu-ragu untuk meminta bantuan kepada kami selaku Babinsa”, ujarnya.

TNI yang berasal dari Rakyat, sudah banyak berbuat dengan membantu kami yang sedang mengalami kesusahan, oleh sebab itu dengan manunggalnya TNI-Rakyat di daerah-daerah, maka akan semakin tercipta ketahanan wilayah yang kuat.

Burhan Rumkorem selaku pemilik rumah menyampaikan terimakasihnya kepada TNI terutama Babinsa Koramil 03/Biak Barat yang telah membantunya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan positif para Babinsa, baik itu program ketahanan pangan maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya, saya juga berharap banyak supaya wujud kerjasama yang baik antara TNI dan rakyat ini agar terus terjalin dengan erat demi kesejahteraan masyarakat”, ungkapnya. (Prd/Cen)

About redaksi