Home / Post / Berita / Danramil 1710-07/Mapurujaya Hadiri Sosialisasi Benih Unggul Tanaman Dan Pengawasan Peredaran Bibit Buah-Buahan

Danramil 1710-07/Mapurujaya Hadiri Sosialisasi Benih Unggul Tanaman Dan Pengawasan Peredaran Bibit Buah-Buahan

Timika ~ Danramil 1710-07/Mapurujaya Lettu Inf Suardi bersama perwakilan Aparat Distrik Mimika Mimika Timur bekerjasama dengan Dinas Pertanian melaksanakan kegiatan Sosisalisasi kepada para Guru SMKN 2 Timika tentang Kajian buah unggulan Tropis untuk pengembangan dan pemberdayaan buah-buahan, bertempat di Ruang pertemuan SMKN 2 Timika Distrik Mimika Timur Kab. Mimika, Jum’at (12/10/2018 ).

Kegiatan yang dilanjutkan dengan peninjauan lahan yg selama ini sedang di garap oleh para Guru dan Siswa Siswi ini dibantu Babinsa kel Wania Kopda Yohanes denganĀ  luas lahan yg sdh siap sekitar 2 hektar. Lahan tersebut direncanakan akan di tanami jeruk unggulan dari bandung.

Kegiatan ini berlangsung dengan mendatangkan Narasumber dari Institut Pertanian Bogor (IPB) BapakĀ  Ir Omo Rusdiana. M. Si. Menurut Ir. Omo Rusdiana Bibit Jeruk unggulan yang akan di tanam ini rasanya yang manis. Berbeda dengan jeruk bali yang rasanya masam.

Jeruk ini menjadi komoditas andalan yang cocok di tanam lahan yang curah hujan tinggi seperti di Kab. Mimika. Kandungan vitamin C buah ini sangat tinggi dan bermanfaat sebagai antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Keunggulan Tanaman ini adalah mampu berbuah sepanjang tahun dan tidak kenal musim. Dapat dibudidayakan dengan cara ditanam langsung di tanah maupun ditanam di pot atau tabulampot.

Terkait pengembangan bibit Jeruk ini, Bpk. Ir. Omo Rusdiana mengatakan ” Dengan menggunakan Teknologi Pembuahan Jeruk Berjenjang Sepanjang Tahun (Bujangseta), tanaman jeruk Varietas ini bisa dipanen lebih cepat. Jika biasanya panen jeruk hanya 2 kali setahun, dengan teknologi ini petani bisa panen 3 bulan sekali.

Jadi dalam satu tahun bisa 5 kali kita panen. Artinya setiap 2 atau 3 bulan kita bisa panen. sehingga ketersediaan buah sepanjang tahun tetap terjaga,” jelasnya

Di tempat terpisah Lettu Inf Suardi menyampaiakan bahwa Berkembangnya regulasi Pembibitan Jeruk Varietas ini mewajibkan kita semua untuk melakukan pengawasan peredaran dan menghimpun data produksi, sertifikasi, peredaran dan pengawasan. Dengan demikian peredaran benih unggul di Kabupaten Mimika dapat dipetakan penyebarannya.

Disamping pengawasan dan peredaran Bibit, terdapat beberapa varietas tanaman lain yang baru dilepas oleh pemerintah dan oleh karenanya perlu disosialisasikan kepada daerah dan para produsen Bibit untuk diketahui keunggulannya dan menjadi sumber perbanyakan Bibit untuk diedarkan kepada petani.(Prd/cen)

About redaksi