Home / Post / Berita / Peresmian Rumah Pintar Dan Bhakti Sosial Oleh Ibu Pangdam

Peresmian Rumah Pintar Dan Bhakti Sosial Oleh Ibu Pangdam

Jayapura – Ketua Persit Kartika Candra Kirana Daerah XVII Cenderawasih Ny. Ir. Sandra George E. Supit meresmikan rumah pintar di kelurahan Argapura Kota Jayapura, pada Senin 8 Oktober 2018.

Dalam amanatnya Ibu Ketua mengatakan, “Peresmian Rumah Pintar ini sebagai salah satu program pendidikan berbasis masyarakat yang dalam pengelolaannya bersifat fleksibel, artinya bisa diselenggarakan oleh berbagai kalangan baik secara individu maupun kerjasama antar kelompok masyarakat, organisasi, termasuk kami organisasi Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII Cenderawasih”, ujarnya.

Sedangkan manfaat yang bisa didapatkan dari adanya rumah pintar adalah, memperluas wawasan pengetahuan peserta didik melalui media teknologi digital dan memberikan bekal keterampilan hidup (life skill) pada peserta didik agar siap hidup mandiri serta memberdayakan dan mengangkat masyarakat dari keterbelakangan pendidikan dan pengetahuan, sekaligus sebagai lembaga pelatihan keterampilan dan informasi teknologi.

“Selain itu, manfaat dari rumah pintar ini bisa menjadi wadah pembelajaran bagi anak-anak usia dini sekaligus pengembangan potensi masyarakat. Rumah pintar sebagai upaya pemberdayaan masyarakat menuju Indonesia pintar akan tetap eksis apabila pengelolaanya merlibatkan berbagai kalangan yang mempunyai kepedulian pada pemberdayaan masyarakat melalui program pendidikan”, jelas ibu Pangdam.

Diharapkan dengan adanya Rumah Pintar di Masyarakat, anak-anak akan merasa senang dan bisa berlama-lama tinggal di Rumah Pintar untuk membaca, mencari informasi, menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman serta bisa mengikuti berbagai bimbingan yang diselenggarakan.

Dengan sendirinya, cepat atau lambat, jika rumah pintar ini terus eksis, akan menghasilkan generasi yang cerdas, kreatif, berpengetahuan, memiliki pengalaman dan keterampilan (skill) yang memadai memberdayakan dan mengangkat masyarakat dari keterbelakangan pendidikan dan pengetahuan, sekaligus sebagai lembaga pelatihan keterampilan dan informasi teknologi.

Selesai kegiatan, dilanjutkan acara tambahan yaitu penyerahan kunci Rumah Pintar secara simbolis kepada pengurus Rumah Pintar dan dilanjutkan foto bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Lukas Jethrokusumo selaku ketua Persekutuan Gereja Gereja Tionghoa di Indonesia, Pengurus dan para pembina Rumah Faimbari House di Kelurahan Argapura Distrik Jayapura Selatan, Dandim 1701/Jayapura, Kepala Distrik Jayapura Selatan, Para Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan seluruh warga masyarakat Kel Argapura, Para pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII/ Cenderawasih, Dharma Pertiwi Daerah H dan Yayasan Kartika Jaya. (Prd/Cen)

About redaksi