Home / Post / Berita / Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam Donggala
Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam Donggala

Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam Donggala

Jayapura, 19 Oktober 2018 – Gempa bumi berkekuatan 7,7 SR yang mengguncang Propinsi Sulawesi Tengah akhir September lalu telah mengakibatkan hancurnya bangunan serta ribuan masyarakat meninggal dunia. Mendengar kejadian tersebut, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad yang saat ini sedang melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG berinisiatif untuk mengumpulkan bantuan guna membantu saudara kita yang saat ini sangat membutuhkan bantuan kita semua.

Dengan berkoordinasi dengan Satgas yang telah lebih dulu berada di Daerah bencana, Satgas Yonif Para Raider 501 menanyakan kebutuhan apa yang sangat dibutuhkan untuk membantu para korban gempa. Setelah mendapatkan informasi, proses pengumpulan bantuan dimulai.

Sangat diluar dugaan, awalnya pengumpulan bantuan dilakukan intern oleh Satgas 501 Kostrad saja. Akan tetapi ketika Personel Satgas menawarkan kepada Masyarakat Perbatasan agar ikut membantu seikhlasnya, hasilnya sangat luar biasa. Banyak masyarakat Perbatasan yang ikut serta menyisihkan sedikit dari yang mereka punya untuk membantu para korban gempa bumi Sulawesi Tengah.

Bantuan yang berhasil dikumpulkan oleh Satgas 501 Kostrad untuk para korban gempa diantaranya paket Sembako, Obat obatan, dan perlengkapan untuk bayi. Selain itu, Satgas 501 Kostrad juga menyumbangkan sejumlah pakaian layak pakai untuk pria dan wanita.

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro dalam sambutannya saat acara penyerahan bantuan secara simbolis di Gedung Buma Yakhu Pangkalan TNI AU Silas Papare, Jayapura, Jumat (19/10) mengatakan bahwa bantuan yang diberikan merupakan wujud kebersamaan  kita semua untuk turut membantu meringankan beban saudara kita yang tertimpa bencana di Sulawesi Tengah. Wakil Bupati Jayapura juga mengucapkan terima kasih kepada Danlanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo yang sangat berperan dalam proses penyaluran bantuan ke Sulawesi Tengah.

Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Letkol Inf. Eko Antoni Chandra saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh Prajuritnya semata mata hanya untuk membantu meringankan beban penderitaan saudara kita yang saat ini tengah tertimpa musibah. “Ketika kita meringankan beban orang lain, maka Tuhan YME juga akan membantu meringankan urusan kita”, tuturnya.

Bantuan yang telah terkumpul selanjutnya di packing dan diantar ke Lanud Silas Papare, Jayapura untuk digabungkan dengan bantuan dari Pemda Jayapura dan penyerahannya dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Jayapura kepada Danlanud Silas Papare Jayapura yang selanjutnya akan diterbangkan menggunakan Pesawat Hercules A 1333 menuju Sulawesi Tengah.

About redaksi