Home / Post / Berita / Sosialisasi Bahaya Penyakit Kaki Gajah di Kp. Pioka Kencana, Mimika

Sosialisasi Bahaya Penyakit Kaki Gajah di Kp. Pioka Kencana, Mimika

Timika ~ Kaki gajah atau filariasis adalah penyakit parasit yang ditularkan melalui darah oleh lalat hitam dan nyamuk. Penyakit kaki gajah bukanlah penyakit yang mematikan, namun kondisi yang diakibatkannya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan mungkin menjadi sesuatu yang dirasa memalukan bagi penderitanya.

Dalam mengantisipasi penyakit ini kesadaran akan kesehatan dari masyarakat yang perlu ditingkatkan, oleh sebab itu Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana, Serda Wanenda bersama dinas kesehatan kabupaten Mimika melaksanakan sosialisasi pada warga di kampung Pioka Kencana, distrik Kuala Kencana, Selasa (09/10/2018).

Kegiatan tersebut dilatarbelakangi banyaknya warga Kabupaten Mimika yang menderita penyakit kaki gajah sehingga perlu mendapatkan perhatian penting. Dalam kesempatan ini pihak dinas kesehatan memberikan informasi bahwa penyakit kaki gajah sulit dideteksi namun demikian pada gejala awal masih bisa diobati. Selain itu warga dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan karena penyakit kaki gajah sendiri disebarkan oleh nyamuk.

Dalam kesempatan ini Serda Wanenda mengajak warga dan tokoh masyarakat setempat untuk menghidupkan lagi minggu bersih agar lingkungan kampung dapat terjaga kebersihannya. Warga sekarang dapat memahami tentang bahaya penyakit kaki gajah dan mereka menyambut dengan baik rencana menghidupkan kembali program minggu bersih agar kondisi lingkungan tetap terjaga. (Prd/Cen)

About redaksi