Home / Post / Berita / Swasembada Pangan, Kodim Mimika Bersama Kelompok Tani Taman Jagung

Swasembada Pangan, Kodim Mimika Bersama Kelompok Tani Taman Jagung

Timika ~ Potensi pertanian di wilayah Kabupaten Mimika cukup menjanjikan, hal ini dikarenakan kondisi geografisnya yang sangat mendukung untuk kegiatan tersebut. Namun potensi alam yang tersedia ini belum dapat dikelola dengan maksimal karena masih kekurangan sumber daya manusia dan fasilitas pendukung lainnya. Untuk itu Kodim 1710/Mimika dipimpin Pasiter Kodim Lettu Inf Ahmad Zaini ikut membantu penanaman jagung yang dilakukan oleh Kelompok Tani Jaya di desa Naena Muktipura, Distrik Mimika Baru, Rabu (17/10/2018).

Kegiatan seperti ini selalu dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dari Kodim sebagai komando kewilayahan dalam membantu upaya para petani mewujudkan program swasembada pangan daerah maupun nasional. Dari Dinas Pertanian juga turut hadir dalam kegiatan ini dan bersama-sama melaksanakan penanaman jagung.

Bibit jagung yang ditanam oleh para petani dipilih dari jenis hibrida yang memiliki sifat unggul, seperti tahan terhadap penyakit, perawatan mudah dan kualitas hasil yang baik, sehingga bibit ini menjadi pilihan utama dan dikembangkan di Kabupaten Mimika..

Total lahan pertanian yang ada adalah sekitar 250 ha yang tersebar di 5 distrik, dan saat ini lahan pertanian yang sudah ditanami mencapai 80%, namun hal ini tidak berhenti disini saja akan tetapi terus dikembangkan secara bertahap sehingga 100% lahan seluruhnya nantinya tertanami dengan baik.

Di kampung Naena Muktipura sendiri memiliki target penanaman jagung di area seluas 35 ha. Kadis pertanian, Ibu Yohana Paliling mengaku senang dengan adanya bantuan dari Kodim, dan diharapkan pengembangan pertanian di Kabupaten Mimika akan terus berkembang dan semakin membaik.

Ketua Kelompok Tani Jaya mengucapkan terima kasih pada anggota Kodim yang ikut membantu sehingga penanaman jagung bisa lebih cepat. Para petani berharap jagung dan padi yang sudah dikembangkan di kampung Naena Muktipura sampai saat ini dapat menjadi komoditas utama dan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat bahkan di masa-masa yang akan datang semakin baik lagi. (Prd/Cen)

About redaksi