Home / Post / Berita / Tingkatkan Swasembada Pangan, Babinsa Bantu Warga Tanam Padi

Tingkatkan Swasembada Pangan, Babinsa Bantu Warga Tanam Padi

MeraukeBintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1707-05/Merauke Serda Muhamad Arif membantu Bapak Herudi yang merupakan salah satu petani Kampung Chandra, Distrik Kurik, Kab. Merauke dalam menanam padi di lahan sawah miliknya. Jum’at (11/01/2019).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Muhamada Arif mengatakan bahwa lahan sawah seluas 1 Ha milik Bapak Herudi kali itu ditanami padi dengan jenis gogo dan sistem penanamannya dengan cara dihambur.

”Padi gogo adalah jenis padi lahan kering yang toleran terhadap kekeringan serta tanpa penggenangan air pun bisa hidup tidak seperti padi yang lain harus selalu digenangi dengan air”. ungkap Arif.

”Sedangkan untuk sistem tanam masih banyak masyarakat Kampung Chandra ini dengan cara dihambur dikarenakan dengan cara tanam seperti ini akan lebih mudah, murah serta efektif  dengan tujuan untuk menekan  biaya pengeluaran”. jelasnya.

Selain itu, pendampingan yang saya lakukan selain membantu meringankan beban Bapak Herudi dalam menanam padi juga merupakan wujud nyata bahwa TNI ikut serta mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan swasembada pangan diwilayah.

Terima kasih banyak kepada Babinsa Koramil 1707-05/Merauke yang telah membantu kami dalam menanam padi, dengan adanya pendampingan tersebut kami merasa lebih semangat dan benar-benar merasa terbantu. ”ucap Bapak Herudi kepada Babinsa Serda Muhamad Arif disela-sela kegiatan”.(Prd/cen)

About redaksi