Home / Post / Berita / Upaya Anggota TNI Bentengi Pemuda Dari Bahaya Narkoba Dan Miras

Upaya Anggota TNI Bentengi Pemuda Dari Bahaya Narkoba Dan Miras

Yapen Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Sertu Saharudin melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan para pemuda Kampung Turu, Distrik Yapen Selatan, Kab. Kep. Yapen, Kamis (10/01/2019).

Di era globalisasi sekarang ini dan seiring dengan majunya ilmu pengetahuan serta teknologi yang kian pesat, tak bisa kita pungkiri ada hal-hal negatif pula yang ikut terseret masuk kedalam arus modernisasi budaya kita. Tidak sedikit budaya asing yang tentunya tidak cocok untuk diterapkan di negara ini tetapi ikut berkembang cukup signifikan.

Salah satu dampak budaya negatif dari luar yang perkembangannya cukup signifikan antara lain penyalahgunaan Narkoba dan minuman keras (Miras) dikalangan remaja, dan celakanya para remaja menganggap hal seperti ini adalah wajar dalam era globalisasi ini.

Apabila keadaan seperti ini dibiarkan berkembang dikalangan remaja tanpa ada pengendalian, maka sudah bisa dipastikan bencana besar akan menunggu yang mengancam kelanjutan kehidupan dari generasi muda kita. Apabila seorang remaja telah terjerat dalam narkoba atau minuman keras maka remaja ini sudah tidak akan bisa efektif lagi bagi kehidupan sosialnya.

Meski sampai sekarang ini kita belum bisa memberantas habis narkoba dan miras sampai ke akarnya, namun Sertu Sahar tidak henti-hentinya berupaya memberikan himbauan kepada para pemuda agar menghindari pengaruh dan penyalahgunaan narkoba dan miras, juga menjelaskan gambaran buruk akibat mengkonsumsi ke 2 jenis barang haram tersebut terhadap kondisi fisik serta sosial.

Dalam komsosnya, Babinsa mengatakan bahwa pengaruh buruk yang akan timbul saat mengkonsumsi miras dan narkoba yakni akan menyebabkan para penggunanya tak sadarkan diri. Sehingga akan melakukan tindakan yang tidak senonoh yang pastinya tidak sesuai dengan norma kemanusiaan. “Selain itu, bahaya lain yang akan timbul yakni kerusakan pada organ tubuh yang perlahan-lahan akan mengantar para penggunanya pada kematian,” pungkas Sahar.

Ketua adat di Kampung Turu Bpk. Kansai mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa yang senantiasa memberikan himbauan dan juga gambaran tentang bahaya miras dan narkoba kepada masyarakat, khususnya kepada para pemuda di Kampung Turu.

“Mungkin banyak dari masyarakat kita yang kurang begitu paham tentang bahaya dan dampak yang ditimbulkan oleh miras maupun narkoba itu sendiri. Dengan adanya penyuluhan dari Bapak Babinsa masyarakat jadi lebih mengetahui dan paham bahaya serta kerugian yang dapat ditimbulkan dari ke 2 barang haram tersebut, setidaknya saat ini masyarakat dapat membentengi dirinya dari bahaya penyalahgunaan narkoba dan miras,” ujar Kansai. (Prd/Cen)

About redaksi