AKSI DEMI MASYARAKAT, SATGAS 114 SATRIA MUSARA PERBAIKI BENDUNGAN DISTRIK MBUA

Digilmo – Curah hujan yang tinggi beberapa waktu lalu menyebabkan aliran air dari gunung cukup deras, sehingga terjangan air merusak bendungan air bersih yang berlokasi di anak sungai Mbua, Kampung Digilmo Distrik Mbua Kab. Nduga, Papua.

Menyikapi hal tersebut, Personel Pos Mbua Satgas Yonif RK 114/ Satria Musara mengajak warga Pegunungan Tengah menggelar kegiatan karya bakti untuk memperbaiki bendungan air bersih yang rusak, Sabtu (12/02/2022).

Dansatgas Letkol Inf Putra Negara, S.H., M.Han. mengatakan, karya bakti tersebut merupakan salah satu bagian dari kegiatan pembinaan teritorial yang dilaksanakan Pos Mbua guna membantu masyarakat memperbaiki bendungan air bersih yang digunakan warga untuk kebutuhan mandi dan cuci sehari-hari.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu kesulitan masyarakat setempat dalam mengatasi masalahnya, salah satunya yakni kebutuhan air bersih,” ungkap Dansatgas.

Dansatgas menambahkan, dalam melaksanakan kerja bakti personel Pos Mbua Satgas Yonif RK 114/ Satria Musara bersama warga saling bahu membahu dan bergotong-royong penuh semangat.

“Perbaikan bendungan air ini selain difungsikan untuk penyedia air bersih direncanakan juga dalam waktu dekat untuk mengaktifkan kembali PLTA mini peninggalan Satgas sebelumnya. Hal ini menjawab salah satu keluhan warga tentang kebutuhan penerangan listrik dimalam hari,” kata Dansatgas.

“Alat PLTA peninggalan Satgas sebelumnya yaitu Yonif 310/KK saat ini dalam kondisi rusak, dalam waktu dekat dipastikan dapat berfungsi kembali dan sekarang dalam proses perbaikan oleh anggota Satgas Pos Mbua. Kami berharap hal ini dapat menjawab atas keluhan dan membantu kesulitan yang dihadapi warga,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam gelar karya bakti yang dimotori personel Pos Mbua dipimpin langsung oleh Dansimayon Satgas Sertu Tomi Pasela, juga diikuti oleh tokoh pemuda Kampung Digilmo Minus Kusumbre.

“Selain membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi para warga, melalui karya bakti ini diharapkan dapat menjaga dan memelihara hubungan baik antara warga dengan Satgas, sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat semakin kuat dan erat,” ujar Dansimayon Sertu Tomi Pasela.

Pada kesempatan yang sama, Minus Kusumbre selaku tokoh pemuda Kampung Digilmo mewakili warga berkesempatan mengucapkan terimaksih atas partisipasi Pos Mbua dalam membantu kesulitan warga.

“Terima kasih abang-abang Pos sudah banyak bantu, warga sangat senang bisa dapat air lagi dan listrik boleh nyala lagi cepat, eeeee… wa… nagroah … nagroah,” pungkas Minus Kusembre.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Danrem 174/ATW Ikuti Vicon Peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman dan 20 Rumah Sakit TNI

Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., beserta Pj. Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. …