Aktif Sweeping Malam Hari, Satgas TNI 711/Rks Berhasil Temukan Ganja

Keerom – Untuk mencegah peredaran barang-barang Ilegal di daerah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM melalui Pos KM 76 berhasil mengamankan ganja seberat 25 gram.

Temuan ganja tersebut didapatkan saat personel Satgas Pamtas RI-PNG melakukan sweeping di jalan Trans Papua, Kampung Uskuar, Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom, Papua, Minggu (2/10/2022).

Hal tersebut disampaikan Danpos KM 76 Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Muhammad Ubaid dalam keterangannya.

Terkait hal ini Letda Inf Muhammad Ubaid selaku Danpos KM 76 menjelaskan kronologi saat mendapatkan Narkotika jenis ganja tersebut.

”Diawali dengan bahwa 4 (empat) hari yang lalu telah berhasil mengamankan narkotika jenis Ganja di daerah perbatasan, kemudian melaksanakan lagi sweeping pada malam tadi dengan hasil mendapatkan narkotika jenis ganja seberat 25 gram di depan Pos jalan Trans Papua yang menghubungkan Kampung Uskuar dan Kampung Wembi Kabupaten Keerom, Papua,” jelas Danpos Letda Inf Muhammad Ubaid.

”Penemuan 25 gram Ganja tersebut ini pada saat menggelar sweeping malam hari pada pukul 18.30 WIT untuk mencegah peredaran barang-barang Ilegal.”

”Pada pukul 19.40 WIT Danpos memberhentikan 1 kendaraan roda 4 (empat) yang berisikan 4 orang yaitu berinisial HP, YS, EG dan AB, setelah dilakukan pemeriksaan secara teliti terlihat ada bungkusan yang berisi ganja kering tepatnya di saku tempat duduk depan kiri mobil.”

”Setelah diperiksa lebih lanjut selain ganja ditemukan juga barang bukti lain berupa 1 mobil Roda 4 Mitsubishi Triton, Handphone 6 buah, dompet 2 buah, KTP, Kotak HP 1 buah, Ransel 1 buah dan Tas noken 1 buah,” imbuh Letda Inf Muhammad Ubaid.

Dari kejadian tersebut Danpos KM 76 melaporkan kepada Dankipur D Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Lettu Inf Yudi Ariadi dan selanjutnya menghubungi Polsek Arso Kota.

”Atas temuan barang bukti ganja kering, kini empat orang pemuda beserta barang bukti diserahkan kepada Aipda Ridwan selaku Satuan Narkoba Polres Keerom guna proses hukum selanjutnya,” pungkas Letda Inf Muhammad Ubaid.

Saat penyerahan barang bukti dan oknum warga tersebut, Aipda Ridwan kemudian mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dari pihak Satgas maupun pihak lain yang telah membantu tugas kepolisian dalam memberantas peredaran Narkoba.

“Ini adalah bukti komitmen kita dalam pencegahan, penggunaan dan penyalahgunaan Narkotika. Oleh karenanya pelaksanaan sweeping ini merupakan salah satu metode yang efektif untuk mencegah peredaran Narkotika di wilayah,” tegas Letda Inf Muhammad Ubaid.

“Saya berharap keberhasilan kami Satgas dalam memberantas Narkotika di wilayah perbatasan bukan diukur dari sering atau banyaknya temuan Narkotika, kami berharap tidak ada lagi ditemukan Narkotika ataupun barang terlarang lainnya di wilayah kami, ” tutup Letda Ubaid.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Karya Bakti Dan Bakti Sosial Rindam Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Sentani – Sebagai satuan yang berkedudukan di bawah, maka Rindam XVII/Cen ikut berpartisipasi dalam rangka …