AMANKAN BATAS NKRI, SATGAS TNI LAKSANAKAN PATROLI PATOK

Merauke – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long Pos Komando Utama (Kout) Sota melaksanakan patroli untuk mengetahui kondisi dan keberadaan patok perbatasan kedua Negara RI dan PNG di wilayah Sota Merauke. Kamis (22/04/2021).

Dansatgas Yonif 611/Awang Long Letkol Inf Albert Frantesca mengatakan bahwa Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long yang berada di bawah Kolakops Korem 174/ATW melaksanakan patroli patok batas Negara di Kabupaten Merauke.

“Prajurit Yonif 611/Awang Long telah melaksanakan Patroli Patok Perbatasan kedua Negara yaitu RI dan PNG di Sota Meraukeguna meyakinkan tidak ada pergerseran patok.” ungkapnya.

Dansatgas menambahkan bahwa meskipun pada April ini cuaca di sebagian wilayah Indonesia sedang dirundung musim penghujan, namun hal itu tidak menyurutkan niat dan semangat dari personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long Pos Kout Sota.

“Personel kami tetap semangat bertugas melaksanakan patroli meskipun cuaca sering kali hujan untuk melaksanakan kegiatan patroli patok perbatasan di sepanjang wilayah perbatasan RI-PNG,”tambah Dansatgas.

Lettu Ctp Yudi yang memimpin Patroli menjelaskan situasi dan kondisi cuaca cukup ekstrim dan berat.

“Cuaca sering hujan mengakibatkan jalan untuk menuju patok batas digenangin air, karena kondisi medan yang berupa rawa-rawa sehingga sulit untuk dilintasi.” jelasnya.

Lebih lanjut, Lettu Ctp Yudi mengatakan Patroli dilakukan untuk mengecek dan meninjau secara langsung keadaan dari patok-patok batas negara seperti PBN (Pilar Batas Negara), BSP (Border Sign Post) maupun CBDRF (Common Border Datum Reference Frame).

“Jika terdapat beberapa patok yang mengalami kerusakan atau bergeser dari tempat semula maka di situlah tugas kami untuk mendata serta melaporkan kondisi tersebut sesuai dengan protap Satgas yang berlaku,” tambah Lettu Yudi.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PERERAT SILATURAHMI, BABINSA KODIM MIMIKA BAGIKAN BINGKISAN KE WARGA

Timika – Babinsa Koramil 1710-05/Jila Serda Suriansyah melaksanakan kegiatan bersama warga binaan di Kampung Jila, …