Home / Post / Berita / Anggota Kodim 1708/BN Terima Pembekalan Mekanisme Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019

Anggota Kodim 1708/BN Terima Pembekalan Mekanisme Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019

Biak – Dalam rangka menunjang tugas Kepolisian dalam mengamankan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 di wilayah Kab. Biak Numfor, maka Kodim 1708/BN telah sepakat dengan Polres Biak Numfor serta KPUD Biak Numfor untuk memberikan pembekalan mengenai mekanisme pengamanan pada saat Pileg dan Pilpres 2019, bertempat di aula Makodim 1708/BN,  Jum’at (8/02/2019).

Kegiatan pembekalan tentang mekanisme pengamanan yang di berikan oleh Polres dan KPUD Biak Numfor tersebut bertujuan sebagai bekal bagi TNI dalam pelaksanaan pengamanan Pileg dan Pilpres di lapangan nanti.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPUD Kab. Biak Numfor Jeckson S. Maryen, S.Sos beserta Staf, Kasdim 1708/BN Mayor Inf. Manashe Lomo, Para Danramil dan Babinsa serta personil Kodim 1708/BN.

Dalam pemberian materi mengenai mekanisme pengamanan tersebut Kasubag Bin Ops Polres Biak Numfor Iptu Derek Leatemia mengatakan bahwa dengan munculnya aksi-aksi kriminalitas dan gangguan kamtibmas akan mempengaruhi kondisi kamtibmas secara menyeluruh khususnya menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

Untuk mengantisipasi kriminalitas atau gangguan kamtibmas, TNI-Polri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya memelihara dan menjaga keamanan nasional sangat penting dan mutlak. Lebih lanjut, diperlukan hubungan sinergitas yang saling melengkapi dengan pemberian bantuan TNI terhadap Polri dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) menuju cita-cita bersama yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang aman dan damai.

“Seperti yang tercantum dalam Nota kesepahaman antara Polri dan TNI tentang perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka Harkamtibmas (No. B/2/I/2018, No. Kerma/2/I/2018)”, ungkap Kasubag Bin Ops.

Ketua KPUD Kabupaten Biak Numfor Jeckson S. Maryen, S.Sos dalam kesempatannya mengatakan bahwa Ini baru pertama kalinya Pileg dan Pilpres dilaksanakan dalam waktu bersamaan sehingga akan banyak potensi kerawanan yang muncul. Untuk itu dengan adanya perbantuan TNI kepada Polri diharapkan penyelenggaran pemilu tahun 2019 ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara itu, Kasdim 1708/BN Mayor Inf. Manashe Lomo mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Biak Numfor dan KPUD Kab. Biak Numfor atas kesempatannya dalam memberikan pembekalan sehubungan dengan teknis prosedur dan mekanisme permintaan serta pemberian bantuan oleh TNI kepada Polri dalam tugas memelihara Kamtibmas menjelang pileg dan pilpres 2019.

Selain itu juga kepada seluruh personil Kodim 1708/BN, Kasdim 1708/BN Mayor Inf Manashe Lomo berharap agar tetap menjaga netralitas pada Pileg dan Pilres tanggal 17 April 2019 nanti. “Mari kita dukung agar pesta demokrasi ini berjalan dengan aman dan damai”, tutur Mayor Inf. Manashe Lomo.(Prd/cen)

About redaksi