APARAT TNI POLRI BERSAMA TENAGA KESEHATAN KAB MIMIKA BEKERJASAMA LAKSANAKAN TRACING PASIEN POSITIF COVID-19

Timika – Penyebaran virus Covid-19 masih terjadi di wilayah Indonesia, sehingg perlu diwaspadai mengingat berdampak terhadap kesehatan maupun kondisi sosial masyarakat.

Berkenaan hal tersebut, Babinsa Koramil 1710-02/Timika, Serma Eko Yudianto bersama aparat dari Kepolisian dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika melaksanakan tracing terhadap warga yang terkontak dengan pasien positif Covid-19 di wilayah Kelurahan Inauga, Kab. Mimika, Kamis (05/08/2021).

Babinsa Koramil 1710-02/Timika, Serma Eko Yudianto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan di areal Kelurahan Inauga yang menjadi lokasi pasien kontak dengan orang lain. Kegiatan tracing dilakukan kepada beberapa orang dan dilakukan pemeriksaan swab serta penyemprotan disinfektan di rumah orang yang melakukan kontak dengan pasien.

“Fungsi tracing sendiri adalah untuk mengidentifikasi riwayat aktivitas pasien yang telah terinfeksi Covid-19 baik berupa waktu dan tempat hingga orang-orang yang terkontak dengan pasien Covid-19,” ungkap Serma Eko.

“Meski tak berinteraksi langsung dengan pasien terinfeksi Covid-19, namun orang-orang tersebut patut menjadi perhatian dan diwaspadai sebagai media penularan,” tambah Babinsa.

Lebih lanjut, Babinsa mengatakan bersama Aparat Kepolisian dan tenaga Kesehatan Kab. Mimika melakukan tracing untuk mengantisipasi dan mencegah meluasnya Covid-19.

“Usai mendapatkan pemeriksaan, orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien diarahkan untuk melakukan istirahat dan isolasi mandiri. Tim tracing pun menempelkan label isolasi mandiri agar masyarakat di sekitar mengetahui kondisi tersebut,” kata Babinsa Serma Eka.

“Usai melakukan kegiatan tersebut, kedepannya akan dibuatkan surat kepada instansi atau tempat kerja orang yang teridentifikasi untuk diberikan kesempatan untuk istirahat atau isolasi mandiri. Dan bagi pemilik usaha yang terpapar Covid-19 perlu melakukan Swab kepada para pekerjanya. Hal ini akan terus dilaksanakan untuk mengantisipasi dan menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mimika,” tambahnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

BENTUK PERHATIAN KEPADA WARGA, SATGAS TNI BERI PELAYANAN KESEHATAN KELILING DI PAPUA

Keerom – Selain menjaga patok batas dan melaksanakan kegiatan teritorial, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis …