Home / Post / Berita / Babinsa Bersama Dinas Pertanian Kab. Boven Digoel Tinjau Lahan Pertanian Baru

Babinsa Bersama Dinas Pertanian Kab. Boven Digoel Tinjau Lahan Pertanian Baru

Boven Digoel ~ Dalam rangka untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat di wilayah serta meningkatkan Kemanunggalan TNI Rakyat, Babinsa secara rutin menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah binaan, Senin (11/02/2019).

Keterlibatan Babinsa dalam mewujudkan ketahanan pangan akan terus dilakukan di wilayah Kodim 1711/BVD. Hal ini merupakan bentuk pendampingan Babinsa kepada para petani untuk mendukung keberhasilan program Ketahanan Pangan.

Pendampingan yang dilakukan secara terus menerus oleh Babinsa ditingkat desa dan kampung bersama Dinas Pertanian mulai dirasakan manfaatnya utamanya bagi warga Kp. Kanggup, Distrik Sesnuk, Kab. Boven Digoel.

Dan peninjauan lahan cetak lahan baru yang dilakukan saat ini bertujuan untuk mengetahui secara persis sejauh mana lahan yang digagas akan menjadi sawah baru. Pelaksanaan upaya swasembada pangan di kampung kanggup terus digiatkan oleh Babinsa bersama warga yang tergabung dalam kelompok Tani Mittak maupun Kelompok Tani induk yang merupakan binaan dari Babinsa.

Dalam kegiatan peninjauan lahan ini Babinsa Koramil 1711-02/MDT Sertu Erik Nuraeni mendampingi Bpk. Martinus Wagi (Kadis Pertanian dan Holtikultura), Ibu Etha (Kabid Pertanian), Agustinus Beyap (Kasi TPH) dan Aleksander Kambari Kiripan (Ketua Kelompok Tani Mittak).

Diharapkan pada musim tanam yang akan datang lahan tersebut sudah siap untuk diolah dan siap ditanami, tentunya tidak hanya cetak lahan akan tetapi juga memerlukan pengawalan dan pendampingan Babinsa agar ketersediaan pupuk untuk petani, irigasi dan bibit padi dapat sampai ketangan petani.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah Pusat dan upaya dari pemerintah daerah serta Babinsa, program Ketahanan Pangan di wilayah akan mendapatkan hasil yang baik.

Sertu Erik mengatakan, “Kelompok tani di Kp. Kanggup sangat senang dan sangat antusius terhadap rencana pemerintah untuk menambah areal lahan pertanian baru tersebut. Mereka berharap dengan program cetak lahan baru tersebut, masyarakat tani dan sekitarnya akan dapat meningkatkan produksi pertanian mereka serta akan menambah kesejahteraan para petani di wilayah Kp.Kanggup”, jelas Erik.

“Saya selaku Babinsa akan selalu dan terus berupaya membantu masyarakat khususnya dalam mewujudkan Swasembada Pangan Nasional, dengan berusaha memanfaatkan lahan dan dukungan yang ada”, tutur Babinsa. (Prd/Cen)

About redaksi