Home / Post / Berita / Babinsa Dampingi Siswa SMKN Pertanian Wapoga Praktek Bercocok Tanam

Babinsa Dampingi Siswa SMKN Pertanian Wapoga Praktek Bercocok Tanam

Yapen – Bertindak sebagai motivator dibidang pertanian diwilayah binaannya, Babinsa Koramil 1709-03/Warbah Kodim 1709/Yawa Kopda Aca Rukdin bekerjasama dengan Pegawai Dinas Pertanian Kab. Waropen dalam memberikan latihan praktek bercocok tanam kepada siswa/i SMK Negeri Pertanian Wapoga di salah satu lahan pertanian milik masyarakat binaannya di Kampung Batu Zaman Distrik Waropen Bawah, Selasa (25/02/2020).

Kegiatan praktek Siswa/i SMKN Pertanian ini diikuti oleh 30 orang beserta guru pendamping, yang akan dilaksanakan selama 2 hari dan diisi dengan berbagai kegiatan seperti, Cara Penyiapan lahan, mengolah tanah untuk digemburkan, pembuatan saluran drainase, penyiapan benih (jagung), penyeleksian benih jagung yang baik, berbagai macam pola dan waktu penanaman hingga perawatan tanaman agar mendapatkan hasil panen yang baik, ujar Andreas selaku guru pendamping.

Untuk meningkatkan swasembada pangan, kita harus membantu dan mendampingi petani dalam mengolah lahan, sehingga hasilnya benar-benar berlimpah. Dengan adanya Praktek Siswa/i ini diharapkan dapat membantu pengolahan dan perawatan lahan para petani dengan cara mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di sekolah maupun secara nyata dilapangan, ungkap Kopda Aca.

Lebih lanjut dikatakan babinsa, “Para siswa dalam mengelola lahan dan perawatan tanaman juga harus mempelajari hambatan-hambatan yang terjadi selama proses penanaman sehingga akan diketahui penyebabnya, dan mereka tahu bagaimana cara mengatasinya dan ini merupakan bekal yang sangat bagus untuk diberikan kepada para siswa/i”.

Devina salah seorang siswi yang terlibat dalam praktek ini pun turut menuturkan bahwa Kehadiran babinsa dalam kegiatan praktek ini membuatnya takjub dan terinspirasi, karena dengan menggunakan pakaian dinasnya yang gagah, namun pak babinsa rela berkotor-kotoran memegang cangkul/sekop dan memegang tanah langsung dengan tangannya, “Terima kasih Pak Babinsa telah mendampingi kami dan juga sangat memberikan inspirasi bagi kami para pelajar, bahwa betapa pentingnya untuk mewujudkan Swasembada Pangan diwilayah ini, ucapnya.

About admincen