Home / Post / Berita / Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Monitor Pengungsi Korban Tanah Longsor

Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Monitor Pengungsi Korban Tanah Longsor

Jayapura – Babinsa Koramil 1701-09/Japsel Serda Sudarsono bersama dengan Bhabinkamtibmas Bripka Eko memonitor pengungsi korban tanah longsor di eks Pasar Ampera, Kel. Numbay, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Rabu (20/3)

Kegiatan ini merupakan wujud kerja nyata seorang Babinsa di Wilayah binaannya sebagai seorang Apkowil yang senantiasa memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI. Diantaranya merupakan perwujudan salah satu point dalam 8 Wajib TNI yaitu, menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Selain untuk memonitor warga binaan, kegiatan ini juga sekaligus menunjukkan kepada warga masyarakat bahwa tugas TNI, selain tugas OMP, TNI juga bertugas dalam OMSP yaitu diantaranya membantu dalam menangulangi bencana Alam. Dimana dalam melaksanakan tugas pokoknya Babinsa bersama-sama dengan aparat lainnya membantu fungsi pemerintah untuk mengembalikan kondisi keamanan negara yang terganggu akibat bencana alam.

Seperti diketahui, bencana alam tanah longsor yang menimpa warga masyarakat eks pasar Ampera Kel. Numbay Distrik Jayapura Selatan menewaskan 7 orang masyarakat. yang terdiri dari 3 orang dewasa dan 4 orang anak-anak. Bencana ini juga mengakibatkan sedikitnya 5 orang luka-luka.

Menurut Babinsa, jumlah pengungsi yang berada di tenda pengungsian yang disediakan oleh dinas sosial dan Kodim 1701/Jayapura berjumlah 102 Orang. Banyaknya jumlah pengungsi merupakan wujud tindak lanjut dari himbauan dan seruan dari Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M., agar para warga segera direlokasi dari pemukiman yang rawan terjadi bencana Longsor susulan, sehingga diharapkan jumlah korban longsor dapat dihindari.

Bapak Tinus selaku Sekertaris Kelurahan sangat berterima kasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah membantu aparat kelurahan dalam mengamankan dan mengkoordinir warga masyarakat yang berada di tenda-tenda pengungsian. Tentunya tanpa kehadiran Babinsa dan Bhabinkamtibmas, rasa aman dan tenang dalam tenda pengungsian sangat mustahil bisa terwujud. (Prd/Cen)

About redaksi