Babinsa Kodim 1712/Sarmi Ikut Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan Dan Kemampuan Teritorial

Sarmi – Dalam rangka meningkatkan kesiapan prajurit TNI dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan, Kodim 1712/Sarmi melaksanakan kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Semester I TA 2022 di Aula Kodim 1712/Sarmi, Senin (23/05/2022).

Komandan Kodim 1712/Sarmi Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi S.I.P membuka kegiatan tersebut, mengungkapkan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan Dan Kemampuan Teritorial Semester I TA. 2022 diikuti oleh seluruh Danramil dan perwakilan Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 1712/Sarmi

“Ini jangan dianggap sebagai rutinitas biasa, namun yang paling penting adalah bagaimana prajurit mampu mengaplikasikan di lapangan,” ungkap Dandim.

“Kondisi di wilayah yang semakin komplek, ditambah dengan adanya situasi wilayah yang perlu mendapat perhatian untuk mengantisipasi tantangan tersebut. Kodim 1712/Sarmi melaksanakan kegiatan pembinaan kesiapan Apwil dan Puanter guna meningkatkan kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas,” tambah Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi S.I.P.

Di tempat yang sama, Pasiter Kodim 1712/Sarmi Kapten Inf Gatot S.W. mengatakan Kegiatan tersebut bertujuan agar seluruh aparat Kowil menguasai pengetahuan teritorial serta memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas binter tingkat perorangan maupun satuan.

“Jalin komunikasi dengan lapisan masyarakat di wilayah binaan masing-masing guna menunjang tugas Babinsa lebih dikenal oleh masyarakat sampai yang terkecil, karena Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD,” tegasnya.

“Saya mengingatkan untuk menjaga kesehatan agar selalu melaksanakan kegiatan olah raga untuk menjaga kesehatan sesuai dengan kemampuan perorangan masing-masing, dan Babinsa agar manfaatkan potensi wilayah untuk bekal dan menimba ilmunya untuk masa depan,” pungkas Kapten Inf Gatot S.W.

Beberapa materi Pembinaan Kesiapan Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial di antaranya, Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial, Metode Binter.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Sambut HUT Ke-61, Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah Pasar Youtefa

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih ke-61, sejumlah kegiatan dilaksanakan termasuk …