Home / Post / Berita / BABINSA KORAMIL 1710-02/TIMIKA HADIRI PROSESI ACARA ADAT BAKAR BATU DI WILAYAH BINAAN

BABINSA KORAMIL 1710-02/TIMIKA HADIRI PROSESI ACARA ADAT BAKAR BATU DI WILAYAH BINAAN

Timika – Dibawah pimpinan Danposramil Pelda  Agus Salim, bersama 4 orang Babinsa sedang menghadiri sekaligus pengamanan jalanya acara adat bakar batu dalam rangka penyelesaian masalah perang suku yang terjadi pada tahun 2016 silam antara kubu bawah dan kubu atas bertempat di Komplek Kin-Kin Narin Kp. Olaroa Distrik Kwamki Narama Kab. Mimika, Minggu (22/11/2020).

Papua merupakan satu-satunya  provinsi yang memiliki tradisi cukup unik yaitu acara bakar batu yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat di provinsi lainnya. Upacara Bakar Batu itu sendiri merupakan upacara tradisional masyarakat pegunungan Papua yang biasa dilakukan sebagai wujud rasa syukur, menyambut kebahagiaan atas kelahiran, rasa turut berkabung, pengumpulan dana atau dilakukan untuk mengumpulkan prajurit ketika berperang. Sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), seorang Babinsa yang bertugas di daerah yang masyarakatnya terdapat suku pegunungan harus mengetahui adat istiadat masyarakatnya sebagai sarana jalin keakraban guna  mempermudah dalam pembinaan teritorial.

Saat ditanya disela-sela  kegiatan, Pelda Agus Salim mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud Kemanunggalan TNI bersama masyarakat di wilayah binaan,  selain itu juga untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah serta  agar terjadi adanya interaksi atau komunikasi dengan warga yang akan dapat mempererat hubungan TNI dengan Rakyat.

“Dengan turut hadir dalam setiap acara adat masyarakat seperti ini, harapannya tugas pokok Babinsa dalam Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah akan akan dapat terlaksanan dengan baik karena dengan menyatu dengan warga, secara otomatis Babinsa akan dapat diterima positif oleh masyarakat.’ungkap Pelda Agus Salim.

Usai kegiatan, Bapak Andrianus (56 th) mengucapkan terimakasih kepada aparat keamanan TNI/Polri yang telah mengamankan jalannya acara bakar batu ini dengan aman dan lancar sampai selesai.

“Terimakasih kepada bapak-bapak Babinsa dan Polisi yang telah hadir dan melaksanakan pengamanan dalam kegiatan ini,semoga Distrik Kwamki Narama kedepan akan lebih aman dan dijauhkan dari adanya konflik sosial” ungkap Andrianus. (Prod/Cen)

 

About admincen