BABINSA KORAMIL 1710-07/MAPURUJAYA LAKUKAN MEDIASI PERMASALAHAN ADAT MASYARAKAT SUKU KAMORO

Mimika – Sebagai aparat Komando kewilayahan, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya hingga saat ini aktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan sosial di wilayah binaan sekaligus melakukan upaya pemecahan permasalahan yang dihadapi warga.

Mempedomani hal tersebut, kali ini Batuud Koramil 1710-07/Mapurujaya, Peltu Monab Supriyanto melakukan mediasi terkait tuntutan adat masyarakat suku Kamoro, Jumat (12/02/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan di Kampung Ayuka, Distrik Mimika Timur, Kab. Mimika, tuntutan tersebut dilatar belakangi oleh rencana pemindahan tiang pancang yang diletakan di kampung Ayuka. Tiang pancang tersebut berjumlah 3000 buah yang rencananya akan digunakan untuk pembangunan PLTU namun rencana tersebut batal karena pembangunan PLTU dialihkan ke Sorong.

Masyarakat Ayuka menuntut ganti rugi hak ulayat sebesar 500 juta rupiah kepada PT. Winfast selaku kontraktor ditambah dengan biaya sandar yang dibayar terpisah. Peltu Monab dalam kesempatan ini menyampaikan agar tuntutan yang dibebankan tidak terlalu besar karena bisa memberatkan pihak lain dan menghambat pembangunan kedepannya. Setelah dilakukan mediasi, belum ditemukan titik temu dan perundingan akan dilakukan lagi dalam beberapa waktu kedepan.

Babinsa pun menyampaikan agar selama proses mediasi dengan pihak perusahaan masyarakat bisa bersabar dan tidak melakukan aksi yang merugikan orang lain. Warga pun berterima kasih dengan adanya mediasi yang dilakukan oleh Koramil dan warga meminta Koramil hadir menjadi mediator lagi pada pertemuan berikutnya sehingga kegiatan bisa berjalan aman dan lancar.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PERERAT SILATURAHMI, BABINSA KODIM MIMIKA BAGIKAN BINGKISAN KE WARGA

Timika – Babinsa Koramil 1710-05/Jila Serda Suriansyah melaksanakan kegiatan bersama warga binaan di Kampung Jila, …