Babinsa Koramil 1712-03/Tor Atas Dampingi Puskesmas Pemeriksa Kesehatan Masyarakat

Sarmi – Babinsa Koramil 1712-03/Tor Atas Serda Akbar Apriansyah Rumadaul dalam bentuk kerja nyata selaku Bintara Pembina Desa menjalankan amanah dengan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan pendampingan kegiatan pegawai Puskesmas Samanente di wilayah Kampung Tenwer Distrik Tor Atas Kabupaten Sarmi, Minggu (06/11/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka program kerja Puskesmas Samanente untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin kepada warga masyarakat agar mengetahui setiap individu warga masyarakat secara pribadi sehat atau sakit dengan itu di laksanakan pemeriksaan rutin.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, melalui Babinsa (Bintara Pembina Desa) yang ada di Koramil hadir untuk rakyat serta membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya dengan metodha Binter (Pembinaan Teitorial).

“Sebagai Babinsa merupakan suatu kebanggaan bagi saya sendiri, dengan menjalankan tugas mendampingi dalam pemeriksaan yang dilaksanakan medis dari Puskesmas Samanente merupakan segala upaya agar terjalin hubungan baik dan kerjasama antara Babinsa dan pihak puskesmas yang siap sedia melayani keluh kesah masyarakat,” ujar Serda Akbar.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan, program kerja Puskesmas Samanente rutin dilaksanakan setiap bulan di semua wilayah Distrik Tor Atas Kabupaten Sarmi dalam membantu warga masyarakat yang tinggal di wilayah pedalaman.

Diawal pemeriksaan dilaksanakan secara garis besar Dr.Rizky selaku yang dituakan dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan saat itu menyampaikan mengenai beberapa bagian yang harus diperiksa.

“Kami selaku medis dari Puskesmas Samanente dengan tujuan pemeriksaan kesehatan terhadap Bapak/ibu sekalian,” ujar Dr.Rizky kepada yang hadir.

“Pada pagi hari ini kami akan melakukan pemeriksaan mulai dari penimbangan berat badan, pemeriksaan gizi buruk, pemberian obat setelah suntik dan pemeriksaan,” imbuhnya.

Kesehatan adalah faktor utama bagi setiap orang dan setiap warga yang rentan terhadap gangguan kesehatan apalagi bagi lansia-lansia yang ada di Kampung Samanente. Pemeriksaan kesehatan serta diberikan pembinaan terhadap mereka, sehingga dapat mencegah secara dini dan mengetahui lebih awal kesehatan yang dialaminya, dengan melaksanakan pemeriksaan secara berkala/rutin.

“Ini salah satu kepedulian kita di wilayah. Semoga dengan adanya pelayanan kesehatan dari pihak Puskesmas Samanente ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dengan harapan kegiatan ini selalu aktif dan pihak medis yang menyelenggarakan juga harus tetap sehat karena tanpa mereka baik Babinsa dan warga mungkin tidak dapat mengetahui perkembangan kesehatan masing-masing”, tutup Serda Akbar.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …