Home / Post / Berita / Babinsa Latih Kedisiplinan Siswa-Siswi SD Mindiptana

Babinsa Latih Kedisiplinan Siswa-Siswi SD Mindiptana

Boven Digoel ~ Dalam rangka melatih kedisiplinan generasi muda sejak dini, Wadanramil 1711-02/MDT Lettu inf Yohanes Koromat beserta dua orang anggota Babinsa melaksanakan kegiatan pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) kepada siswa-siswi di SD Inpres Amuan, Kp. Amuan, Distrik Mindiptana, Kab. Boven Digoel, Rabu 20/02/2029.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan agar para siswa mampu mewarisi nilai luhur budaya bangsa yang kini sudah mulai memudar dikalangan generasi sekarang ini. Hal inilah yang memicu Babinsa Koramil 1711-02/MDT untuk terjun langsung memberikan pembinaan melalui kegiatan PBB.

“Ini dilaksanakan oleh Koramil sebagai sumbangsih kita terutama dalam membina generasi muda sejak dini, supaya mereka nantinya mampu menghadapi perubahan dan perkembangan globalisasi serta tantangan kedepan terutama ancaman dari narkoba”, tutur Wadanramil.

Kegiatan latihan PBB ini diikuti peserta sebanyak 30 orang siswa dan siswi dengan tujuan agar mereka mampu menjadi diri pribadi yang mempunyai disiplin. Dewasa ini kondisi para pemuda semakin mengkhawatirkan dikarenakan berkurangnya nilai-nilai wawasan kebangsaan serta kedisiplinannya.

Adapun materi yang dilatihkan adalah PBB dasar seperti gerakan fisik di tempat serta  pemberian pemahaman untuk mengasah kemampuan terhadap materi yang telah disampaikan secara tersusun dan terarah.

Kami memberikan contoh gerakan terlebih dahulu agar bisa dilihat dan diikuti para anak-anak, selanjutnya kita tinggal menilai gerakannya. “Kegiatan PBB yang dipercayakan kepada Babinsa Koramil 1711-02/MDT ini sejatinya untuk melatih sikap, mental dan mendidik supaya lebih baik serta meningkatnya disiplin para siswa dan siswi”, ungkap Y. Koromat.

Langkah dan tindakan dari pihak sekolah dengan menggandeng Koramil cukup baik dan patut dicontoh bagi sekolah-sekolah lain, Dimana pelatihan ini untuk memberikan landasan kepada siswa dan siswi agar menjadi pribadi yang berdisiplin serta berkarakter.

Pelaksanaa kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib, dan sesekali diselingi dengan senda gurau agar tidak mematahkan semangat para siswa dan siswi dalam mengikuti kegiatan ini dengan baik.

“Melatih anak-anak memang harus sabar, mengingat mereka baru pertama kali menerima materi pelajaran PBB ini. Dengan pelajaran baris berbaris seperti ini diharapkan anak-anak dapat menumbuhkan rasa disiplinnya sebagai generasi yang akan menjadi penerus perjuangan di masa yang akan datang”, pungkasnya. (Prd/Cen)

About redaksi