Home / Post / Berita / Babinsa Mapurujaya Bantu Pembangunan Fasilitas Pengembangan Desa Wisata

Babinsa Mapurujaya Bantu Pembangunan Fasilitas Pengembangan Desa Wisata

Timika – Babinsa Kp. Keakwa, koramil 1710-07/Mapurujaya (Serda Amandus Mutiu) bersama – sama warga sedang membangun fasilitas pendukung dalam Pengembangan Desa Wisata bertempat di Kp. Keakwa Distrik Mimika Tengah Kab. Mimika, Rabu (21/10/2020).

Menurut Serda Amandus, sumberdaya manusia dalam pengelolaan kegiatan Desa Wisata harus memiliki kemampuan penguasaan berbagai unsur lokalitas Desa sebagai kekuatan daya tarik utama.

“Kelembagaan pengelolaan Desa Wisata seharusnya bersifat mandiri, melibatkan tokoh Desa dan masyarakat setempat serta berbasis pada asas manfaat bukan asas keuntungan (profit oriented), keterlibatan masyarakat lokal merupakan unsur utama dalam pengelolaan Desa Wisata ini untuk mengambil bagian aktif dalam semua proses, meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, termasuk didalamnya pengusahaan kegiatan ekonomi yang bisa dikembangkan dari Desa Wisata (Micro Small and Meddium Enterpreneurship) dengan demikian masyarakat akan tumbuh rasa memiliki (sense of belonging) terhadap perkembangan pariwisata di desanya, sebagai pengelola sekaligus penerima manfaat”ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakanya bahwa,karakter kegiatan wisata pedesaan sebagai bentuk wisata alternative, menuntut pengembangan strategi promosi dan pemasaran yang lebih terfokus dan selektif dengan kombinasi promosi OnLine ( media Digital, Elektronik) maupun offline (Roadshow, FamTrip).

About admincen