BABINSA MAPURUJAYA BERSAMA NAKES SEMPROT RUMAH WARGA

Timika – Babinsa semprot rumah warga di Kabupaten Mimika. Tanpa mengenal lelah bersama tenaga kesehatan mendatangi rumah rumah warga.

Apa yang dilakukan Babinsa dan tenaga kesehatan dalam terkait kondisi wilayah yang menyandang kategori endemis malaria yang cukup tinggi. Terlebih lagi dikarenakan faktor cuaca yang sulit diprediksi menjadi salah satu penyebab utama merebaknya malaria.

Meskipun musim hujan diperkirakan berlangsung beberapa bulan, terkadang panas menyengat bisa menyelimuti Kab. Mimika dan membuat tubuh masyarakat lebih rentan terkena malaria.

Melihat kondisi tersebut, para Babinsa dari Koramil 1710-07/Mapurujaya yang dipimpin oleh Pelda Chairul selalu membantu warga agar tidak terjangkit malaria dengan rutin memberikan himbauan untuk selalu mematuhi pola hidup sehat maupun dengan melaksanakan penyemprotan bersama petugas kesehatan dengan cairan Pestisida “Ficam” dari rumah ke rumah warga, Jum’at (04/02).

“Kali ini kami bersama petugas kesehatan dari Malkon PT.FI yang diketuai oleh bapak Martinus selaku pengawas dari Entomologi melakukan penyemprotan Pestisida “Ficam” ke rumah warga Kp. Muare Distrik Mimika Timur Kab. Mimika,” kata Pelda Chairul.

Selanjutnya ditambahkan Pelda Chairul bahwa penyemprotan Pestisida “Ficam” bertujuan untuk membunuh bibit nyamuk Anopheles yang dilaksanakan secara rutin 6 bulan sekali.

“Pada kesempatan ini, saya juga mengajak warga untuk senantiasa mematuhi pola hidup bersih dan sehat. Kita tahu bahwa nyamuk Anopheles sebagai pembawa bibit malaria itu suka bersarang di tempat-tempat kotor, oleh sebab itu selain di semprot Icon, kita juga harus rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Otentikasi : Pendam XVII Cenderawasih

Check Also

Tingkatkan Semangat Gotong-Royong, Babinsa Bantu Penggalian Pondasi WC Milik Warga

Biak ~ Wujud kepedulian terhadap sesama yang dilakukan oleh Babinsa Posramil 1708-02/Biak Utara Warsa Serda …