BABINSA TEMBAGAPURA BANTU WARGA ACARA ADAT BAKAR BATU

Timika – Papua merupakan satu-satunya provinsi yang memiliki tradisi yang mengagumkan yaitu acara bakar batu.

Upacara Bakar Batu itu sendiri merupakan upacara tradisional masyarakat pegunungan Papua yang biasa dilakukan sebagai wujud rasa syukur, menyambut kebahagiaan atas kelahiran, rasa turut berkabung, pengumpulan dana atau dilakukan untuk mengumpulkan prajurit ketika berperang.

Melihat pentingnya acara tersebut, sebagai Aparat Komando Kewilayahan satuan kewilayahan, Koramil yang berada di daerah yang warganya terdapat suku pegunungan harus mengetahui adat istiadat sebagai sarana jalin keakraban dan kebersamaan.

Oleh karena itu Babinsa Koramil 1710-04/Tembagapura yang dipimpin oleh Serma Indra Rukmana hadir dan membantu acara adat bakar batu dalam rangka menampung aspirasi serta fungsi pengawasan anggota DPRD Kab.Mimika Khususnya Daerah pemilihan (Dapil V) di Kampung Tembagapura, Kab. Mimika, Sabtu (26/03/2022).

Saat dikonfirmasi, Danramil Kapten Inf. Teguh Heru Ponco M mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud Kemanunggalan TNI bersama masyarakat di Kabupaten Mimika.

“Kegiatan ini untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah serta agar terjadi interaksi atau komunikasi yang baik dengan warga sehingga dapat mempererat hubungan TNI dengan Rakyat,” ucap Danramil.

‚ÄúDengan turut hadir dalam setiap acara adat masyarakat seperti ini, harapannya Koramil 1710-04/Tembagapura akan akan dapat menyatu dengan warga dan dapat diterima oleh warga,” ungkapnya.

Usai kegiatan tersebut, Ibu Martina Natkime salah satu Tokoh Perempuan yang mewakili warga mengucapkan terimakasih kepada anggota Koramil yang telah hadir dan membantu acara bakar batu ini sampai selesai.

“Dengan bantuan ini, kami berharap kebersamaan seperti ini akan terus terjalin dan terjaga dengan baik,” ucapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII Cenderawasih

Check Also

Tanggap Bencana, Babinsa Koramil Dawai Bersama Warga Perbaiki Jalan Longsor Trans Yapen

Yapen ~ Akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di Wilayah Distrik Yapen …