Home / Post / Berita / Babinsa Turut Serta Dalam Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat Level I Di Terminal Bbm Biak

Babinsa Turut Serta Dalam Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat Level I Di Terminal Bbm Biak

 Biak – Babinsa biak kota Serma Akbar dan Sertu Asmaejar turut serta dalam simulasi penanggulangan keadaan darurat level 1 di terminal bbm biak desa waupnor distrik biak kota. Kamis (22/08)

Simulasi bencana alam gempa bumi mengakibatkan tangki bulat T-10 mengalami Kebocoran pada Pipa, masyarakat masuk dan menjarah BBM tangki bulat T-10, salah satu masyarakat mengisap rokok sehingga mengakibatkan kebakaran.

Pada saat evakuasi sedang berjalan, tiba-tiba terdengar ledakan keras dari area tangki bulat T-10 dan terlihat nyala api dari PSV tangki T-10 dan jet api di jalur pipa di bawah tangki bulat T-10.

Diumumkan sebagai keadaan darurat oleh OH dan Puskodal diaktifkan, Tim penanggulangan darurat menjalankan tugas sesuai perannya, penyelamatan dokumen dan penanggulangan kebakaran sesuai prosedur.

On Scene Commander segera melakukan penanggulangan kebakaran internal oleh 4 regu pemadam kebakaran untuk melakukan penghematan tangki. Sprinkler air 2 unit tangki timbun bola segera diaktifkan untuk review proteksi pendinginan.

Keadaan darurat dinaikkan menjadi level 1 tingkat wilayah karena tidak mampu ditanggulangi secara internal dan perlu bantuan dari pihak luar yaitu Tim Damkar dan BPDB Kab. Biak Numfor.

Tim Emergency Manajemen di wilayah segera menuju Crisis Center dan membantu pertolongan darurat kemudian

Security dan babinsa melakukan penangkapan terhadap 2 orang pelaku dan 2 orang kabur.

Beberapa saat kemudian massa datang karena diprovokasi oleh 2 orang yg berhasil kabur, massa pun datang dan berkumpul di depan Kantor pertamina meminta pelaku yg di tangkap agar segera di bebaskan.

Pada saat kejadian, terdapat 2 korban dengan rincian 1 korban luka bakar dan 1 korban patah kaki dievakuasi oleh tim medis Angkatan Laut dan dibawa ke RS AL menggunakan mobil ambulans.

Untuk memadamkan api jalur pipa, petugas operasi menerima proteksi pendingin pemadam kebakaran melakukan pembukaan katup jalur pipa penerimaan.

Setelah dipastikan api sudah benar-benar padam, Tanggap Darurat dinyatakan keadaan darurat selesai dan melaporkannya bahwa darurat turun dari level 1 menjadi level 0.

Menurut Bapak Yudha Widjayanto , (Kepala OH. TBBM Biak) simulasi ini dilakukan sebagai sarana untuk meningkatkan kesiapsiagaan tanggap darurat Tingkat I Wilayah di lokasi kerja khususnya di OH.TBBM Biak.

Turut hadir dalam kegiatan ini Yudha Widjayanto , (Kepala OH. TBBM Biak), Kapten AL A. Winarto (Kesehatan RS AL) Personil BPBD Biak Numfor Damkar Pemda Biak Numfor Syamsudin (Kepala HSSE Jayapura) Serma Akbar, Sertu Asmaejar ( BABINSA Koramil 01/BK).

About admincen