Home / Post / Berita / Babinsa Waren Sambangi SDN Inpres Sawara Jaya Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila

Babinsa Waren Sambangi SDN Inpres Sawara Jaya Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila

Waropen – Untuk meningkatkan Jiwa Nasionalisme kepada Generasi Muda, Babinsa Koramil 1709-03/Warbah Sertu Zulhelmi Herman dan Sertu Y. Pomeo mendatangi SDN Inpres Kampung Sawara Jaya SP. 6 Kab. Waropen, guna memberikan Kuis Pancasila dan Pemahaman butir-butir Pancasila serta membacakan Amanat Dandim 1709/Yawa kepada para siswa/i, Senin (07/05/2019).

Dalam kesempatan tersebut, diawali dengan pembacaan Amanat Dandim 1709/Yawa dan dilanjutkan dengan memberikan kuis pengucapan butir-butir Pancasila yang berhadiah buku dan alat tulis serta pemahaman dan penjelasan butir-butir Pancasila. Sertu Zulhelmi menuturkan, Pengertian Pancasila, dan fungsi Pancasila merupakan Dasar Negara Indonesia serta sudah sepatutnya sebagai warga negara apalagi pemuda penerus cita – cita bangsa, sangat perlu untuk mempelajari lebih dalam dasar negara, tuturnya.

Pancasila dilambangkan oleh Burung Garuda dan didalamnya terdapat gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng serta padi dan kapas yang mencerminkan dari 5 sila Pancasila. Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Panca yang berarti “lima” dan Sila yang berarti “dasar” secara harfiah Pancasila bisa di artikan sebagai Lima Dasar sedangkan secara umum Pancasila merupakan lima dasar yang mengandung pedoman atau aturan mengenai tingkah laku, adat istiadat dan tatanan pemerintahan yang mengikat Bangsa Indonesia dalam Kebhinekaan Tunggal Ika dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia, lanjut Babinsa menjelaskan.

Sertu Pomeo turut menegaskan bahwa Pancasila bukan untuk dipelajari dan dihafalkan, tetapi Pancasila harus diamalkan, diterapkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari para generasi penerus bangsa ini, agar dalam sikap, tutur kata dan perbuatan mereka tercermin nilai-nilai Pancasila, tegasnya. (Prd/Cen)

About redaksi