Home / Post / Berita / Babinsa Yapsel Tanamkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini

Babinsa Yapsel Tanamkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini

 Yapen – Dalam rangka menanamkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air sejak usia dini, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Serka Johanis Kemis dan Sertu Saharudin, memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan tata upacara bendera kepada siswa/i SD YPK Turu, Distrik Yapen Selatan, Kab. Kep. Yapen, Sabtu (26/01/2019).

Dengan bahasa yang gamblang dan mudah dimengerti serta dengan disertai praktek oleh Babinsa, maka siswa/i SD YPK ini diharapkan bisa dengan mudah memahami bagaimana PBB yang benar, serta tata cara pelaksanaan upacara bendera dengan baik. Sehingga, akan tercipta suasana yang sakral dan menghayati pengibaran bendera sang saka merah putih.

“Selain melatih PBB, kami juga memberikan pemahaman tentang arti bendera dalam sebuah negara, serta tata cara penghormatan terhadap bendera. Kemudian dilanjutkan dengan latihan praktek tata upacara bendera mulai dari persiapan upacara, acara pokok sampai penutup,” jelas Serka J. Kemis.

Serka J. Kemis juga mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan ini guna menanamkan jiwa nasionalisme dan kebangsaan serta bela negara kepada para generasi muda. Sehingga, akan tumbuh rasa cinta tanah air dan kesadaran terhadap NKRI untuk ikut serta mewujudkan cita-cita mereka dalam memajukan dan menjaga NKRI.

Markalina Ayorbaba selaku guru pendamping SD YPK Turu mengucapkan terimakasih atas pelatihan yang diberikan oleh Babinsa Koramil Yapsel. “Semoga kegiatan seperti ini bisa menjadi kegiatan rutin di sekolah. Sehingga, para generasi muda bangsa kita ini memiliki jiwa nasionalisme yang kuat dan akan tumbuh kesadaran bela negara serta memiliki rasa cinta akan tanah air Indonesia,” ungkapnya.(Prd/cen)

About admincen