BANGKITKAN JIWA NASIONALISME DANDIM 1708/BIAK NUMFOR BERI WAWASAN KEBANGSAAN DI SMA YPK 1 BIAK

Biak Numfor – Wawasan kebangsaan adalah usaha dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan warga Negara, sebagai suatu Bangsa yang bersatu dan berdaulat dalam suatu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai warga Negara yang baik harus menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan patriotisme sebagai bentuk rasa cinta terhadap tanah air.

Berkenaan hal tersebut, Dandim 1708/Biak Numfor Letkol Inf J. Daniel P. Manalu, S.H., M.I. Pol pada hari Senin (7/2) mengisi pelajaran wawasan kebangsaan di SMA YPK Biak.

Dalam pemberian materi dihadapan 115 siswa SMA YPK 1 Biak, Dandim mengatakan bahwa kita harus belajar sejarah Bangsa Indonesia yang dulu dijajah oleh Belanda selama 350 tahun. Kita sebagai generasi bangsa harus belajar dari sejarah masa lalu supaya kesalahan yang dulu tidak terulang kembali. Dahulu Pahlawan berjuang melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan sampai mengorbankan jiwa raga dan harta benda.

“Untuk itu kita sebagai generasi penerus harus mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan cara masing masing sesuai pekerjaan. Kebangkitan Nasional yang merupakan kebangkitan Bangsa Indonesia yang mulai memiliki rasa kesadaran nasional ditandai dengan berdirinya Boedi Utomo tanggal 20 Mei 1908 dan lahirnya Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Dengan bersatu Indonesia butuh 17 tahun untuk bisa merdeka, terbukti dengan Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945,” jelas Dandim.

“Segala permasalahan bisa diselesaikan dengan persatuan dan kesatuan tanpa memandang suku, ras agama dan golongan tertentu. Untuk itu diperlukan saling menghargai, menghormati perbedaan. Penyampaian aspirasi dipersilakan karena Indonesia adalah negara demokrasi namun lakukan dengan cara yang benar, bukan dengan demo yang merusak atau anarkis,” tambah Dandim.

Di akhir penjelasannya Dandim menambahkan pesan kepada siswa agar patuh kepada orang tua, belajar yang rajin untuk meraih prestasi. Jauhi Narkoba, minuman keras, hindari pergaulan yang merugikan diri dan orang lain.

Ibu Ruth Yawan, S.Pd sebagai Kepala Sekolah Biak mengucapkan terimakasih kepada Komandan Kodim 1708/BN yang telah meluangkan waktu untuk mengisi materi wawasan kebangsaan di SMA YPK 1 Biak.

“Kami berharap semoga apa yang di ajarkan oleh Bapak Dandim 1708/BN bisa terpatri dalam jiwa anak didik kami,” ucap Kepala Sekolah Ibu Ruth Yawan.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …