Bantu Perekonomian Masyarakat, Satgas 303 Pos Wuloni Buka Lahan Tidur Jadi Pertanian

Ilaga – Dalam rangka tingkatkan kesejahteraan ekonomi warga, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303 Kostrad melalui Pos Wuloni memanfaatkan lahan tidur dengan membuka lahan pertanian di Kampung Wuloni Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 303 Kostrad Letkol Inf Slamet Faojan,. M. Han, dalam keterangannya di Komando Taktis (Kotis) Ilaga Kabupaten Puncak Papua, Senin (19/12/2022).

“Pembukaan lahan itu merupakan salah satu bagian dari kegiatan bakti TNI di wilayah penugasan, sekaligus bentuk kepedulian Satgas dalam membantu masyarakat di kampung-kampung sekitar daerah penugasan,” jelas Dansatgas.

“Program Ketahanan Pangan Nasional merupakan bagian dari kegiatan Bhakti TNI. Kami berharap, dengan membuka lahan pertanian tersebut, masyarakat dapat memproduksi sayur-sayuran yang dapat bermanfaat bagi seluruh warga yang ada di Distrik tersebut,” tambah Dansatgas.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Danpos Wuloni Lettu Inf Risma Arif Rafsanjani S.T.Han, bersama dengan beberapa anggota Pos serta warga masyarakat Kampung Wuloni kompak membuka lahan tidur menjadi lahan pertanian.

Di tempat terpisah, Danpos mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mendukung program ketahanan pangan, dengan tujuan untuk memperkuat ketahanan pangan di wilayah Wuloni.

“Dengan adanya program ketahanan pangan ini diharapkan dapat membantu masyarakat baik untuk pemanfaatan lahan kosong, maupun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ungkapnya.

“Lahan yang kita buka bersama warga saat ini cukup luas kurang lebih sekitar 1 Hektar, namun ini merupakan langkah awal dan akan berlanjut hingga kita bisa memanfaatkan lahan tidur di kampung ini. Untuk saat ini, lahan yang dibuka rencana akan ditanami jenis sayuran seperti kol, sawi, cabai dan terong.”

“Pembukaan lahan ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kampung Wuloni, khususnya dalam segi ketersediaan pangan,” imbuh Danpos.

Upaya yang dilakukan Prajurit TNI tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat Kampung Wuloni.

“Terima kasih TNI, kami senang. Tuhan Memberkati,” pungkas Yatinus Wonda (45) salah satu warga Wuloni.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Danrem 174/ATW Ikuti Vicon Peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman dan 20 Rumah Sakit TNI

Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., beserta Pj. Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. …