Bantu Perekonomian Warga, Satgas TNI 142/KJ Belanja Hasil Kebun Di Lapak Pasar

Membaramo Tengah ~  Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial terhadap warga dengan cara membeli hasil panen kebun masyarakat yang dijual di lapak pasar, yang bertempat Distrik Kelila, Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua Pegunungan Tengah, Minggu (9/10/2022).

Kegiatan pembinaan teritorial Pos Kelila tersebut, dipimpin langsung Danpos Kelila Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Lettu Inf Sahita Gurusinga bersama personel Koramil Kelila dengan cara berkunjung ke tempat yang biasa digunakan warga untuk berjualan, melihat keadaan dan kondisi warga seperti apa.

Dalam keterangannya, Danpos Kelila Lettu Inf Sahita Gurusinga mengatakan datang bersama dengan Danramil dan personel lainnya, untuk lihat kondisi warga yang berjualan di lapak-lapak yang biasa dipakai sebagai pasar dan melihat apa saja yang dijual.

“Kita ketahui bahwa hasil kebun warga Kampung Kelila cukup banyak dan bervariasi, masyarakat menjual sayur-sayuran dan buah-buahan, namun belum ada pasar resmi di Distrik Kelila dan jarak ke kota sangat jauh, dimana masyarakat sangat kesulitan untuk menjual hasil pertanian dan kebun mereka,” jelasnya.

“Kami selaku personel Satgas TNI tergugah untuk membantu kesulitan mereka dengan membeli hasil kebun sekaligus untuk memenuhi kebutuhan logistik personil kami sehari-hari.”

“Saya pernah menanyakan keluhan salah satu masyarakat/penjual, yaitu Ibu Desi (57) dan menyampaikan kesulitan transportasi untuk menjalankan hasil dari pertanian dan perkebunan yang ada di Kelila ini, Harga jual di kota lebih tinggi 3 sampai 5 kali lipat lebih mahal dibandingkan kami jual di lapak-lapak yang ada disini,” tambah Danpos Lettu Inf Sahita Gurusinga.

Mendapat keluhan warga tersebut, Danpos Kelila bersama dengan Danramil Kelila Letda Inf Yohannis Gamar berkoordinasi dengan aparat pemerintahan Kabupaten Mamberamo Tengah maupun Distrik Kelila terkait dengan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat yang ada di Distrik Kelila, akan dan mau dibuat seperti apa.

Dep Pagawak (35) salah seorang penjual sayur dari Kampung Kelila sangat senang, karena hasil kebunnya dibeli oleh personel Pos Kelila Satgas Yonif R 142/KJ.

“Bapak Pos beli sayur-sayuran kami yang banyak e…supaya kami bawa uang buat beli beras,” ungkap Dep Pagawak.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …