BENTUK SINERGITAS DAN KEPEDULIAN, DANDIM 1709/YAWA BERSAMA PIMPINAN LEMBAGA NEGARA TEMUI WARGA DI KAB YAWA

Yapen – Dalam rangka memastikan dan menjamin rasa aman terhadap masyarakat Kampung Sasawa, Distrik Yapen Barat, Kab. Kep. Yapen, 4 (Empat) Pimpinan Lembaga Negara yang berada di Yapen yakni TNI, Polri, Kejaksaan dan Pengadilan, terjun langsung temui warga dan melaksanakan bhakti sosial, bertempat di Kampung Sasawa, Distrik Yapen Barat, Kab. Kep Yapen, Jum’at (20/8/2021).

Berkenaan hal tersebut, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H., Kapolres Kep. Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi, S.H., S.I.K., Kepala Kejaksaan Negeri Kep. Yapen Marcelo Bella, S.H., M.H. dan Ketua Pengadilan Negeri Serui Ronald Massang, S.H., M.H. serta beberapa personel TNI-Polri berkunjung ke Kampung Sasawa. Proses kehadiran keempat pimpinan lembaga disambut hangat oleh masyarakat bersama dengan Kepala Distrik Yapen Barat Estepanus Kristian Padawan, S.IP dan Plh Kepala Kampung Sasawa Ariono Rematobi.

Setibanya rombongan di Kampung Sasawa usai menempuh perjalanan lewat jalur laut, masyarakat juga memberikan penghargaan kepada Dandim 1709/Yawa dan Kapolres Kep. Yapen dengan prosesi adat injak piring oleh tokoh adat setempat.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Leon menyampaikan bahwa kehadirannya bersama dengan para pimpinan lembaga negara lainnya, untuk memastikan secara langsung kondisi masyarakat di Kampung Sasawa. Sekaligus melaksanakan bhakti sosial dengan membagikan sejumlah sembako kepada masyarakat.

“Kehadiran kami disini untuk melihat sendiri secara langsung bahwa kondisi masyarakat di Kampung Sasawa ini dalam keadaan baik dan sehat. Dan kita juga dapat memastikan bahwa masyarakat Sasawa ini bukan takut dengan kehadiran TNI dan Polri,” jelas Dandim.

“Setelah melakukan komunikasi dengan masyarakat ternyata mereka sangat menginginkan hadirnya aparat keamanan di kampung ini, sehingga ketakutan mereka terhadap hal-hal yang tidak diinginkan seperti gangguan keamanan dan ketertiban dapat diatasi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan kita hadirkan Pos gabungan personel Koramil dan Polsek di Kampung Sasawa ini untuk menjaga Kamtibmas agar tetap berjalan kondusif.

“Upaya ini, agar masyarakat dapat lebih yakin bahwa kita sebagai aparat keamanan akan selalu hadir ditengah-tengah kehidupan masyarakat,” kata Dandim

Dikesempatan yang sama, Kapolres Ferdyan meyakinkan bahwa dengan kondisi yang ada saat ini, sangat berbeda jauh dengan isu-isu yang dikabarkan sebelumnya bahwa masyarakat sempat takut, namun setelah melihat secara langsung, ternyata masyarakat hanya terprovokasi dan mendapat informasi-informasi yang salah sehingga muncul rasa ketakutan.

“Kami datang kesini untuk memastikan dan memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat, karena ini merupakan bagian yang harus kami lindungi dan kami layani, masyarakat pun juga harus mengetahui bahwa proses penegakan hukum hanya ditujukan kepada kelompok-kelompok yang melanggar peraturan atau melakukan tindakan pidana,” terang Kapolres.

Sementara itu Tokoh Adat setempat Marinus Kayoi mengaku sangat bahagia dengan hadirnya keempat pimpinan lembaga dari Yapen yang secara langsung menemui masyarakat Sasawa.

“Dengan kedatangan Dandim, Kapolres, Kajari dan Ketua Pengadilan ini memberikan kebahagiaan kepada kami masyarakat Kampung Sasawa, masyarakat pun menjadi lega dengan rasa aman yang diberikan juga kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat ini,” ujarnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

BENTUK PERHATIAN KEPADA WARGA, SATGAS TNI BERI PELAYANAN KESEHATAN KELILING DI PAPUA

Keerom – Selain menjaga patok batas dan melaksanakan kegiatan teritorial, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis …