Berikan Rasa Aman Petugas Medis, Babinsa Ramil 1711/WRK Lakukan Pendampingan PKB Puskesmas

Boven Digoel – Berikan rasa aman dan bantu petugas medis diwilayah teritorialnya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1711-01/WRK dipimpin Serma Mustafiq melaksanakan pendampingan kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) yang digelar oleh Puskesmas Waropko, di Gereja lama Kampung Ichan, Distrik Waropko Kabupaten Boven Digoel. Minggu (27/11/2022).

Serma Mustafiq menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab Babinsa mencakup banyak hal termasuk memastikan warganya mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dengan tetap mengedepankan sinergitas dengan petugas kesehatan di wilayah teritorialnya.

“Kesehatan sangatlah penting, oleh sebab itu kami (Koramil Waropko) senantiasa selalu bergandengan tangan dengan Puskesmas Waropko dalam memberikan PKB (pelayanan kesehatan bergerak) bagi masyarakat agar mempermudah mereka mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus jauh-jauh ke Puskesmas Waropko,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh petugas medis Puskesmas Waropko pada pelayanan kesehatan bergerak kali ini, diantaranya yakni pemeriksaan dan pengobatan rutin, penyuluhan Kesehatan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), Pemeriksaan Kesehatan penyakit tidak menular, pemantauan tumbuh kembang bagi Balita, pelayanan kesehatan ANC (Ante Natal Care) ke rumah-rumah Ibu Hamil yang tidak datang periksa, Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Deteksi Dini Stunting.

“Pesan saya bagi warga Kampung Ichan tetaplah jaga kesehatan diri dan keluarga, mengingat cuaca disini tidak menentu dan tetap terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit,” ucapnya.

Sementara itu, Dedi Yuliansyah, S.KM. selaku petugas kesehatan Puskesmas Waropko juga menghimbau warga setempat untuk senantiasa menjaga kesehatan khususnya para ibu hamil, balita dan lansia.

“Bagi ibu hamil dan anak balita tolong lebih diperhatikan lagi kesehatan dan asupan gizinya, karena 2 hal tersebut sangatlah penting bagi tumbuh kembang buah hati kita guna menghindari Stunting atau gizi buruk pada anak. Teruntuk masyarakat lanjut usia dijaga juga kesehatannya, dan apabila ada keluhan segera konsultasi dengan pihak kesehatan,” jelasnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak terkhusus Koramil 1711-01/Waropko yang sudah ikut membantu dan mendampingi selama pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan bergerak Puskesmas Waropko,” ungkapnya.

Petugas kesehatan yang hadir dalam kegiatan tersebut dr. Eustakia Y. Ega pena, Rahmawati Amd. Keb., Cut Wardatul Amd. Keb., Nining Wahyuni S.Tr.Kes., Maria Margareta S. Tr. Kes., Oktovina Amd. Kep., Ade Nasution S. Tr. Gz., Dedi Yuliansyah, S.KM. dan Gregorius Banlowen, S. Kep.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …