Warning: mysqli_query(): (HY000/1030): Got error 28 from storage engine in /home/cenderawasih17/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2030
Berikut Penyebab Ketombe yang Belum Anda Tahu – Kodam XVII Cenderawasih
Home / Berikut Penyebab Ketombe yang Belum Anda Tahu

Berikut Penyebab Ketombe yang Belum Anda Tahu

Ketombe merupakan salah satu masalah kesehatan rambut yang banyak dikeluhkan. Penyebabnya sangat beragam, tapi perlu bagi anda untuk melakukan pencegahan.

Ada salah satu teori yang menyebutkan bahkan menghubungkan ketombe dengan produksi hormon karena seseorang yang mengalami pubertas biasanya pun muncul masalah ketombe pada rambut dan kepala kulitnya.

berikut ini adalah penyebab dari ketombe yang mungkin belum Anda ketahui yang dilansir dari Klik Dokter.

1. Kulit yang teriritasi dan berminyak

Kondisi ini akan menyebabkan dermatitis seboroik (bentuk ketombe yang lebih parah). Bagi Anda yang memiliki jenis rambut berminyak, gunakanlah jenis sampo yang mendukung pengurangan produksi minyak tersebut.

2. Malas menyisir rambut

Karena dengan menyisir rambut, sebenarnya dapat membantu pergantian kulit yang normal.

3. Jarang keramas

Jika Anda tidak mencuci rambut secara rutin, sel-sel kulit akan menumpuk dan menimbulkan serpihan yang terasa gatal.

4. Infeksi jamur malassezia

Infeksi jamur ini menyebabkan pertumbuhan sel kulit berlebih. Jamur ini kemudian juga akan memakan minyak yang terdapat pada kulit kepala.

5. Orang dengan tipe kulit kepala yang kering

Jenis kulit kepala ini cenderung untuk mengelupas dan kemudian timbul rasa gatal. Ketombe pada tipe ini biasanya berukuran lebih kecil dan tidak berminyak. Mengembalikan kelembapan pada kulit kepala dapat mengurangi rasa gatal yang ada.

6. Produk perawatan rambut

Produk perawatan rambut tertentu dapat memicu kulit kepala merah, gatal, dan mengelupas. Kondisi ini dikenal sebagai dermatitis kontak. Jika penggunaannya tak segera dihentikan kulit kepala akan mengalami iritasi yang kemudian memicu timbulnya ketombe.

7. Penyakit Parkinson

Parkinson dan kelainan neurologis lain juga cenderung menyebabkan ketombe dan dermatitis seboroik.

8. Kurang asupan nutrisi

Kurangnya konsumsi zink, vitamin B dan beberapa jenis lemak dapat meningkatkan risiko mengalami ketombe. Jadi, mulai sekarang perbanyak asupan bahan makanan yang mengandung kedua zat tersebut.

9. Stres

Pada beberapa orang, stres bahkan dapat memicu atau bahkan memperparah ketombe. Hal ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

About admincen


Warning: mysqli_query(): (HY000/1030): Got error 28 from storage engine in /home/cenderawasih17/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2030