Home / Tulisan / Artikel / Bersama Rakyat TNI Kuat

Bersama Rakyat TNI Kuat

Kebersamaan TNI dengan Rakyat ini tidak lepas dari sejarah terbentuknya TNI, dimana TNI dibentuk dari laskar-laskar pejuang rakyat yang tersebar di seluruh wilayah tanah air, yang dengan penuh pengabdian berjuang dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dari ancaman penjajah yang ingin kembali berkuasa menjajah Indonesia melalui kekerasan senjata. Pada masa mempertahankan kemerdekaan tersebut, banyak rakyat Indonesia membentuk laskar-laskar perjuangan sendiri atau badan perjuangan rakyat. TNI pada awalnya merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) selanjutnya, kemudian diubah kembali menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI), serta kemudian menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Sejarah tersebut menunjukkan bahwa TNI dibentuk dan dibangun bukan oleh kekuatan politik negara, TNI lahir dari perjuangan rakyat, dan bukan negara yang melahirkan TNI, tapi perjuangan rakyatlah sebagai “Ibu Kandung” yang telah melahirkan dan membesarkan TNI.

Kebersamaan TNI dengan rakyat, selamanya akan menjadi kekuatan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang semakin tangguh dari waktu ke waktu. Dalam bidang pertahanan negara kita dikenal dengan sistim pertahanan negara yang bersifat semesta. Sistim Pertahanan Semesta yang bersifat kerakyatan, kewilayahan dan kesemestaan, melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya, dipersiapkan secara dini dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman. Negara manapun di seluruh dunia yang mengancam kedaulatan negara kita, bukan hanya berhadapan dengan TNI sebagai komponen utama pertahanan, melainkan juga harus berhadapan dengan seluruh rakyat Indonesia yang akan mengorbankan apapun yang dimilikinya hingga titik darah penghabisan demi tetap tegak kokohnya keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Jalinan yang kuat menghasilkan suatu kekuatan yang luar biasa, TNI sebagai Garda Bangsa untuk mempertahankan kedaulatan NKRI selalu bersinergi dengan rakyat. Salah satu contohnya adalah Pembinaan Teritorial (Binter) sebagai salah satu fungsi utama dari TNI AD. Pembinaan Teritorial merupakan fungsi utama TNI AD sesuai dengan Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi melalui kegiatan penyelenggaraan, pengembangan, pengarahan dan pengendalian potensi wilayah pertahanan dengan segenap aspeknya menjadi kekuatan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara di darat, dan kegiatan tersebut diselenggarakan secara terus-menerus sesuai dengan dinamika perkembangan jaman. Melalui pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh TNI AD, fokus utamanya adalah membantu mengatasi berbagai kesulitan yang tengah dihadapi warga masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan bersama rakyat.

“Bersama Rakyat TNI Kuat, Bersama TNI Rakyat Sejahtera”

About redaksi