Bersinergi Dengan Masyarakat, Koramil Bonggo Laksanakan Pembukaan Lahan Pertanian Di Kampung Kiren SP1

Sarmi – dipimpin oleh Kapten Cba Dominggus Suitella (Danramil) Dalam rangka menciptakan kedekatan TNI bersama rakyat. Babinsa Koramil 1712-06/Bonggo bersama dengan warga masyarakat kelompok Tani Makmur Jaya melaksanakan pembukaan lahan dan penyemaian Bibit tanaman cabe di lahan milik Bapak Yudi yg berlokasi di Kampung KIREN SP1 jalur7 Distrik Bonggo Kabupaten Sarmi, Sabtu (01/10/2022).

Dalam rangka menciptakan kedekatan TNI bersama rakyat dan membangun hubungan sosial agar lebih erat lagi antara aparat teritorial yakni sebagai Babinsa terhadap masyarakat kampung binaannya hingga nantinya terjalin hubungan yang lebih baik lagi

dengan menerapkan komunikasi sosial.

Babinsa dengan masyarakat kampung berdiskusi tentang survei tata batas. Survei tata batas dilakukan sesuai dengan rencana (program) kerja aparat teritorial membuat bentuk jalan dan stacking merumpuk (Pembersihan Lahan).

Babinsa menghimbau masyarakat untuk serta bekerjasama dengan cara manual, yaitu pembukaan lahan dengan tahapan sebagai berikut, membabat rintisan yaitu memotong dan membabat vegetasi (Alang) dengan menggunakan parang, membuat pancang jalur, yaitu jalur tanam yang menurut jarak antar barisan tanaman, yang dimaksudkan untuk memudahkan pembersihan jalur tanam, membersihkan jalur tanam, yaitu membersihkan hasil rencekan yang ditempatkan di antara jalur tanaman dengan jarak 1 meter di kiri-kanan sehingga jalur bersih, dan mulai menanam bibit lahan dari tahapan awal hingga selesai.

“Dengan adanya pembukaan lahan pertanian bagi masyarakat, kita buka pemahaman baru lagi pada masyarakat di Kampung Bonggo bahwa anggota teritorial, Babinsa bekerja sepenuhnya untuk rakyat dan melayani dengan sungguh, sehingga nanti jika ada keluhan masyarakat kampung ataupun masalah segera di kordinasi dengan babinsa agar kita bersama-sama bisa menyelesaikan keresahan atau kesulitan masyarakat,” ungkap Danramil.

Antusias semua masyarakat di Kampung Kiren SP1 Distrik Bonggo Kabupaten Sarmi. Dengan adanya program pembukaan lahan pertanian, dan juga penyemaian bibit-bibit cabe masyarakat sangat mengapresiasi dengan keberadaan Babinsa

Yang terus mendampingi setiap pelaksanaan tugas di lapagan Bapak Yudi sangat berterimakasih dengan adanya Bapak-bapak Babinsa yang senantiasa membantu masyarakat.

“Kami sangat berterimakasih kepada semua Babinsa yang sudah hadir dan menyumbangkan semua tenaga, bekerja sama menerima pendapat dan masukan masyarakat dan melaksanakan pekerjaan bersama-sama, terbukti dari setiap pelaksanaan tugas Babinsa selalu bersinergis kepada seluruh masyarakat kampung,” ujar Bapak Yudi.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …