BUKA PEMBEKALAN SATUAN BKO KORAMIL PERSIAPAN GEL III, PANGDAM XVII/CENDERAWASIH : PENUGASAN SECARA HUMANIS

Jayapura – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., secara langsung membuka pembekalan personel Satuan BKO Koramil Persiapan Gelombang III di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih TA 2021 di Lapangan Hitam Rindam XVII/Cenderawasih, Kab. Jayapura, Rabu (15/12/2021).

Pada kegiatan tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih mengucapkan selamat datang kepada Asisten Latihan Kasad Mayjen TNI Hariyanto beserta rombongan dan seluruh personel Satuan BKO Koramil Persiapan di Bumi Cenderawasih.

Selanjutnya dijelaskan oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono bahwa kebijakan TNI AD untuk meningkatkan pembinaan teritorial secara merata di seluruh wilayah NKRI khususnya di wilayah perbatasan, pulau terluar dan daerah rawan masih terus dilaksanakan.

”Khususnya di wilayah Indonesia Bagian Timur yang akan dilaksanakan pembentukan satuan baru khususnya Kodim dan Koramil, maka jumlah personel yang ada saat ini masih sangat kurang. Dalam rangka memenuhi kekurangan tersebut maka Pimpinan TNI AD memiliki kebijakan untuk mengirim personel yang tergabung Dalam Satuan BKO Koramil Persiapan Khususnya di Wilayah Kodam XVII/Cenderawasih,” jelas Pangdam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut, dikatakan Pangdam Cenderawasih berkaitan dengan hal tersebut agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan optimal, maka Personel Satuan BKO Koramil Persiapan harus mengetahui perubahan pola operasi yang pada intinya penugasan dilakukan secara humanis atau kemanusiaan yaitu dengan kegiatan Pembinaan Teritorial dan Komunikasi Sosial serta tidak lagi dengan cara-cara kekerasan. Untuk itu perlu menerima beberapa pembekalan untuk menghadapi kondisi dan situasi penugasan masing-masing.

”Pembekalan ini sangat penting dan bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang teritorial, kultur budaya, adat istiadat, bahasa maupun situasi dan kondisi di daerah penugasan. Hal ini diharapkan mendukung pelaksanaan tugas Satuan BKO Koramil Persiapan,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih.

Sementara itu kepada para Pelatih, Pangdam XVII/Cenderawasih berharap agar memberikan materi latihan secara menyeluruh sesuai kondisi nyata di Provinsi Papua, sehingga Personel Satuan BKO Koramil Persiapan mempunyai pemahaman yang lengkap dalam melaksanakan tugas pokok yang akan diemban.

Diakhir amanatnya Pangdam XVII/Cenderawasih berpesan kepada Personel Satuan BKO Koramil Persiapan agar senantiasa menunjukkan yang terbaik, hindari pelanggaran, pedomani ketentuan yang berlaku dalam setiap kegiatan apapun.

“Tetap waspada, jangan lengah dan jangan seenaknya. Selalu berdoa, ikuti pembekalan dengan sungguh-sungguh, jaga kesehatan dan pedomani protokol kesehatan Covid-19 sebab kesehatan adalah hal mutlak dalam mendukung setiap kegiatan dan selalu semangat,” pesan Pangdam XVII/Cenderawasih.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian arahan dan pembekalan dari Asisten Latihan Kasad Mayjen TNI Harianto dan Waaster Kasad Bid. Rencana dan Puanter Brigjen TNI Sugiyono.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Waasintel Kasad Bin Intel Brigjen TNI Maulana Ridwan, S.H., M.H, Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Heru Setyo P, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, Danrindam, Para Asisten Kasdam dan Para Dan/Kabalakdam XVII/Cenderawasih.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

MEMBANGUN HUBUNGAN YANG HARMONIS DENGAN RAKYAT MELALUI KEGIATAN KOMSOS

Keerom – Upaya untuk memanunggalkan TNI dengan Rakyat terus di lakukan oleh prajurit TNI dimanapun …