Cegah Banjir Dan Jaga Kebersihan Lingkungan, Kodim 1709/Yawa Gelar Karya Bakti Pembersihan Pasar

Yapen ~ Dalam rangka mencegah terjadinya banjir dan memelihara kebersihan lingkungan, seluruh personel Kodim 1709/Yawa yang dipimpin langsung oleh Kasdim Mayor Inf Zurilham, S.Sos, melaksanakan Karya Bakti pembersihan lingkungan Pasar Tradisional Aroro-Iroro Serui, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Kamis (7/12/2023).

Dalam kegiatan yang turut melibatkan personel Polres Yapen dan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Yapen, terlihat personel TNI-Polri bersama-sama warga disekitar dengan kompak melakukan pembersihan sampah yang berserakan, mengangkat tumpukan sampah, membersihkan sampah dari dalam selokan dan kemudian diangkat kedalam kendaraan pengangkut sampah.

Ketika ditemui disela kegiatannya saat itu, Kasdim 1709/Yawa menjelaskan bahwa, Kegiatan Karya Bakti pembersihan lingkungan pasar dan selokan dipagi hari ini, juga dilaksanakan secara serentak bersama dengan satuan Kodim diseluruh wilayah Indonesia, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya genangan air/banjir saat hujan tiba, dan menjaga kebersihan lingkungan dalam menyambut Perayaan Hari Natal 25 Desember 2023.

“Untuk itulah, kami Kodim 1709/Yawa bersama-sama Polres Yapen sengaja hadir ditempat ini, seraya mengajak peran serta masyarakat disekitar, untuk bersama-sama melakukan karya bakti pembersihan lingkungan dan selokan dari tumpukan sampah yang ada disekitar pasar Serui,” ujar Mayor Inf Zurilham, S.Sos.

Lanjutnya, beliau menghimbau kepada seluruh masyarakat disekitar, untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan, sehingga kedepannya lokasi yang menjadi pusat keramaian dan aktivitas jual-beli seluruh masyarakat.

“Kami mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih sebesar-besarnya, atas dukungan Polres Yapen dan seluruh lapisan masyarakat disekitar yang telah membantu terlaksananya kegiatan pembersihan ini, kita semua berharap, lewat kegiatan ini, kiranya dapat mempererat hubungan kerjasama, kebersamaan, dan sinergitas yang baik antara TNI-Polri, serta dapat memupuk Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” harapnya.

Sementara itu, Harun Kamawa selaku Tokoh Masyarakat yang hadir saat itu turut mengungkapkan apresiasinya karena TNI-Polri bisa hadir ditempat ini untuk membersihkan pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Natal.

 “Atas nama masyarakat Kepulauan Yapen kami sangat bangga karena TNI-Polri bisa hadir ditempat ini untuk membersihkan pasar dalam rangka menyambut Hari Natal 25 Desember, atas kerjasama yang baik dengan seluruh warga dipasar ini, kami ucapkan terima kasih dan Tuhan memberkati kita semua,” imbuhnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …