Cegah Bencana Alam, Yonif RK 751/VJS Bersama Pemuda Jayapura Tanam Ratusan Pohon Di Lereng Gunung Cyclop

Sentani – Yonif Raider Khusus 751/Vira Jaya Sakti bersama organisasi Pemuda Peduli Lingkungan Hidup Jayapura dan beberapa Ormas serta Dewan Gereja mengadakan penanaman pohon di sepanjang Lereng Gunung Cyclop mulai dari bantaran sungai Kemiri, Sentani, Kab.Jayapura. Rabu (15/3/2023).

Demikian disampaikan oleh Dankima Yonif RK 751/VJS Kapten Inf Rentra H.M.P dalam keterangannya.

“Kegiatan penanaman pohon ini bertujuan untuk merehabilitasi wilayah yang sempat terdampak bencana banjir bandang,” jelas Dankima Yonif RK 751/VJS Kapten Inf Rentra H.M.P

“Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kepedulian kami terhadap lingkungan dan sekaligus untuk mengingat kembali tepat 4 tahun terjadinya banjir bandang di Kabupaten Jayapura,” jelas Kapten Inf Rentra.

Sementara itu, Danyonif RK 751/VJS Letkol Inf Untung Iswahyudi, S.Sos., M.Hum., M.Han mengatakan pentingnya kesadaran dalam menjaga dan memelihara alam perlu disosialisasikan.

“4 tahun silam kita warga Sentani diberi pelajaran besar dengan datangnya banjir bandang, hal tersebut terjadi akibat penggundulan hutan di lereng Cyclop yang menyebabkan erosi hingga menjadi tanah longsor saat terjadi hujan dengan intensitas besar,” pungkas Danyonif.

Ia menambahkan, bahwa sudah sepatutnya semua unsur masyarakat untuk ikut peduli dengan kondisi alam disekitarnya, karena alam akan menjaga manusia saat manusia menjaganya.

“Agar kejadian bencana alam tidak terulang, dan sebagai wujud terima kasih kita kepada Tuhan, sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan lingkungan, demi keberlangsungan hidup seluruh mahluknya,” tutupnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Peringati Harkitnas, Kapoksahli Pangdam Cenderawasih : Menatap Masa Depan dengan Penuh Optimisme, Kepercayaan Diri dan Keyakinan

“Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”, merupakan tema yang diusung pada peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional …