Home / Post / Berita / Cegah Malaria, Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Lakukan Fogging di Kp. Pitewi

Cegah Malaria, Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Lakukan Fogging di Kp. Pitewi

Keerom – Mencegah perkembangan penyakit Malaria yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/DGH melakukan kegiatan Fogging (pengasapan) di Kampung Pitewi, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Jayapura, (18/06).

Hal ini disampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) dimana daerah Kampung Pitewi merupakan salah satu Kampung yang endemik dengan penyakit malaria. “Hingga saat ini sudah ada 5 warga yang terkena malaria termasuk Ondoafi Kampung Pitewi Bpk. Nico Keera dan baru diketahui menderita malaria pada saat Personel Pos Pitewi melakukan anjangsana ke rumahnya”, ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut, lanjut Dansatgas Danpos Pitewi Lettu Inf Herlansyah bersama aggota kesehatan Satgas melakukan Fogging untuk mencegah penyebaran malaria yang lebih jauh lagi. “Fogging dilakukan dirumah-rumah warga khususnya di tempat-tempat yang diperkirakan menjadi sarang nyamuk, selain itu juga Satgas menghimbau kepada warga Kp. Pitewi untuk mejaga kebersihan”, jelasnya.

“Gerakan 3M kami terapkan ke masyarakat agar tempat-tempat berkembangnya nyamuk malaria dapat dibersihkan, hal ini belum diketahui oleh masyarakat sehingga dengan himbauan ini diharapkan dapat mengurangi penyakit malaria”, tuturnya.

Mendapat pertolongan dari anggota Satgas, Ondoafi Kampung Pitewi mengucapkan banyak terimakasih. “Sa ucap terima kasih kepada Bapa TNI sudah usir nyamuk di Kampung kami. Sa harap nanti ada kegiatan pengobatan bisa kasih obat kita pu warga yang sakit disini,” ucap Ondoafi. (Prd/Cen)

About redaksi