Cegah Terjangkit Malaria, Babinsa Boven Digoel Bantu Puskesmas Laksanakan IRS

Boven Digoel – Cegah warganya terjangkit malaria, Babinsa Koramil 1711-02/MT Sertu Eri Nuhraeni beserta rekannya membantu dan mendampingi Puskesmas Mindiptana pada kegiatan Indoor Residual Sprying dalam rangka Pengendalian Vektor Malaria disekitar pemukiman masyarakat Kampung Andopbit, Distrik Mindiptana Kab. Boven Digoel, Rabu (27/07/2022).

Bersumber dari data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel, Distrik Mindiptana menempati peringkat pertama dengan jumlah terbesar penderita Malaria.

“Untuk mengatasi keresahan yang ditimbulkan oleh penyakit malaria ini, maka Dinas kesehatan Boven Digoel melalui Puskesmas Mindiptana bersinergi dengan Koramil Mindiptana melaksanakan pengendalian vektor malaria dengan menyemprotkan cairan Fikam 80 WP di pemukiman warga Kampung Andokbit,” jelas Babinsa Koramil 1711-02/MT Sertu Eri Nuhraeni.

Sementara itu, Hendrikus Kamben, S.Km selaku Kepala Puskesmas Mindiptana menyampaikan bahwa Metode penyemprotan IRS Fikam 80 bertujuan untuk memberantas nyamuk Malaria dan mencegeh perkembangbiakannya di lingkungan masyarakat.

“Cara kerja IRS fikam 80 ini akan meninggalkan lapisan residu di dinding rumah warga yang akan membunuh nyamuk jika hinggap di permukaan tembok dan efektivitas dilaksanakan penyemprotan cairan di siang hari, karena nyamuk malaria beristirahat pada siang hari setelah aktif mencari mangsa,” ujarnya.

Dirinya berharap setelah adanya penyemprotan ini masyarakat yang terjangkit malaria diakibatkan oleh nyamuk dapat dicegah dan berkurang untuk kedepannya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Laksanakan Komsos Kreatif Bangun Keakraban

Puncak Jaya ~ Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Sertu Sugiyanto melaksanakan Komsos Kreatif dengan membangun keakraban dan …