CEPAT DAN TANGGAP, SATGAS TNI BERI PELAYANAN KESEHATAN KEPADA WARGA PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Dalam menghadapi perkembangan dan perubahan cuaca di wilayah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan, khususnya bagi masyarakat dengan usia rentan seperti lansia, ibu hamil, balita dan anak-anak di wilayah perbatasan RI-PNG, bertempat di Kampung Kalimo, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (29/10/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilisnya.

Dansatgas menyampaikan bahwa tim kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista menggelar kembali pelayanan kesehatan dengan cara langsung mendatangi rumah-rumah warga, tujuannya adalah untuk memastikan dan memberikan pelayanan kesehatan secara berkala kepada masyarakat. Kemudian pada kesempatan kali ini selain memberikan pelayanan kesehatan secara umum, juga memberikan perhatian khusus kepada para lansia, ibu-ibu hamil, balita dan anak-anak.

“Saat ini cuaca memasuki musim penghujan, resiko terserang penyakit semakin tinggi. Oleh karena itu, kami bersama tim kesehatan akan selalu berusaha memastikan warga-warga binaan di setiap jajaran Pos Satgas mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” ungkap Dansatgas.

“Dengan kesehatan tubuh yang prima merupakan hal utama agar masyarakat dapat beraktivitas dengan baik dan dapat melakukan kegiatan rutinitasnya sehari-hari tanpa adanya keluhan guna memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan keluarganya sehari-hari,” tambah Dansatgas.

Lebih lanjut, dikatakan Dansatgas bahwa pelayanan kesehatan terhadap masyarakat rutin dilakukan untuk mengetahui dan mencegah secara dini penyakit yang diderita terutama pada masyarakat usia rentan seperti lansia, ibu hamil, balita dan anak-anak, sehingga diharapkan dapat mencegah kondisi penyakit agar tidak menjadi lebih buruk.

“Melihat hasil dari pemeriksaan kesehatan kali ini sebagian besar warga mengalami gejala sakit yang sama diantaranya batuk, pilek, demam panas, gatal-gatal pada bagian sela-sela jari kaki, maupun punggung pada lansia dan anak-anak. Hal ini terjadi dikarenakan mengingat kelembaban udara akibat curah hujan yang sering terjadi pada dua minggu terakhir ini,” jelas Dansatgas.

“Kami juga berpesan dan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan keluarganya dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan rumahnya secara rutin, rajin berolahraga, serta apabila merasakan gejala sakit atau merasakan tidak enak badan untuk segera berobat ke kesehatan Pos Kalimo,” tutup Dansatgas.

Sementara itu salah satu warga Kampung Kalimo bapak Josep Abimtabum (48) mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kalimo tersebut sangat membantu masyarakat dan juga dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat terutama yang mengalami gejala sakit yang sudah lama pada lansia dan anak-anak.

“Kami berharap dengan kedatangan bapak-bapak TNI Pos Kalimo di kampung ini, selain buat kami merasa aman dan senang juga warga yang sakit diberi obat dengan gratis, semoga hubungan harmonis TNI dengan masyarakat selalu tetap terjaga dengan baik sampai kapanpun dan semakin baik lagi kedepannya,” ucap Josep.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 BIBDOKKES POLDA PAPUA TAHUN 2021 DAN BADAN INTELEJEN NEGARA (BIN) TAHAP KE-2

Supiori Utara – Sertu Agustinus Ganna dan Serda Ali Ramli melaksanakan pemantauan di wilayah Supiori …