DALAM RANGKA KEGIATAN JUM’AT BERSIH, BABINSA KORAMIL 1705-01/NABIRE BERSAMA MASYARAKAT PEMBERSIHAN SALURAN IRIGASI

Nabire ~ Untuk mencegah terjadinya banjir di daerah binaan, Babinsa Koramil 1705-01/Nabire Serma Syaiful Hadi bersama sama masyarakat binaan di Kampung Wadio SP 3, Distrik Nabire Barat, Kabupaten Nabire melaksanakan kegiatan Jum’at Bersih. Jumat (12/11/21)

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir yang diakibatkan saluran irigasi yang kurang bersih, disamping itu juga untuk memupuk kebersamaan antara TNI-Rakyat sehingga hubungan emosional antara Babinsa dengan masyarakat binaan akan lebih harmonis.

“Musim hujan seperti sekarang ini sampah-sampah menumpuk terbawa aliran air dan menyumbat di pintu air saluran irigasi. Untuk itu kita harus rajin melakukan pembersihan agar air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menimbulkan banjir yang diakibatkan aliran air yang tersumbat sampah”, ujar Babinsa.

“Kita juga sudah sepakat dari hasil musyawarah bersama aparatur Kampung untuk melaksanakan kegiatan Jum’at Bersih setiap seminggu sekali. Janganlah kita tunggu banjir terjadi dulu baru kita berbondong bondong melakukan pembersihan, akan tetapi kita harus jemput bola yaitu dengan membersihkan saluran irigasi agar jika terjadi hujan aliran air tidak tersumbat dan meluap ke perkampungan warga”, tegasnya.

Antusias warga dalam kegiatan Jumat Bersih sangat tinggi, dikarenakan sebagian besar warga binaan adalah petani, jika saluran airnya lancar, kebutuhan air lahan para petani akan terpenuhi. Oleh karena itu warga sangat senang bila saluran irigasi lancar dan kebutuhan akan air di lahan petani juga terpenuhi.

Bapak Kusno Sukrisno (Aparatur Kampung) mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 1705-01/Nabire yang sudah mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan melalui kegiatan Jum’at Bersih, sehingga pada musim penghujan warga tidak perlu cemas dengan adanya banjir/luapan air dari saluran irigasi.

“Semoga kedepannya kegiatan seperti ini dapat terus kita lestarikan dan tingkatkan lagi demi kesejahteraan bagi seluruh warga Kampung Wadio dan para petani”, ujar Bpk. Kusno. (Prod/Cen)

Check Also

JAJARAN KODIM, POLRI, PEMDA SERTA YAYASAN BUDDHA TZU CHI VAKSINASI MASSAL DI KAMPUNG WARSANSAN

Biak Utara – Kodim 1708/Biak Numfor, Polres Biak Numfor, Pemda dan Yayasan Buddha Tzu Chi …