Home / Post / Berita / DANDIM 1707/MERAUKE BERIKAN SOSIALISASI COVID-19 DAN KARHUTLA

DANDIM 1707/MERAUKE BERIKAN SOSIALISASI COVID-19 DAN KARHUTLA

Merauke – Bertempat di Balai Serbaguna Kampung Hidup Baru, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. bersama Kapolres Merauke AKBP Ary Purwanto dan Kepala Distrik Tanah Miring Bapak Rizki Khoirul Firmansyah, S.T.P. memberikan sosialisasi Covid-19 dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Senin (14/9/20).

Dalam sambutannya Kepala Distrik Tanah Miring Bapak Rizki Khoirul Firmansyah, S.T.P. mengungkapkan bahwa kegiatan pertemuan lintas sektoral Distrik Tanah Miring ini bertujuan untuk mensinergitaskan sesama instansi tentang Protokol Covid-19 dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Distrik Tanah Miring.

Sementara itu dalam awal sambutannya Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. mengucapkan terimakasih kepada pihak Distrik Tanah Miring yang telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Perlu diketahui bahwa sampai dengan saat ini vaksin untuk Covid-19 belum ada, untuk itu obat satu satunya yaitu mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 dengan selalu jaga jarak, rajin mencuci tangan dan menggunakan masker.

”Untuk kebakaran hutan dan lahan, saya tau disini tanahnya tidak gambut namun mudah terbakar, untuk itu dengan adanya kegiatan sosialisasi ini mari kita samakan persepsi dan bersinergi untuk besama-sama tidak membakar hutan”. ucap Dandim 1707/Merauke.

”Sosialisasikan sampai dengan tingkat kampung, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk bersama-sama agar masyarakatnya tidak membakar hutan maupun lahan, karena selain melanggar hukum kegiatan tersebut juga lebih besar dampaknya dari pada manfaatnya”. jelasnya.

”Kepada Kepala Distrik agar segera membentuk Tim reaksi cepat penanggulangan kebakaran tingkat Distrik yang akan di back up oleh Koramil dan Polsek, sehingga penanggulangannya dapat dilakukan secara bersama-sama dan apabila ada kebakaran tidak cepat meluas”. tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Merauke AKBP Ary Purwanto mengatakan bahwa pihaknya selaku Satgas Covid-19 mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

”Apabila ada masyarakat yang baru datang dari kota lain segera sosialisasikan untuk karantina mandiri, karena sampai dengan saat ini vaksin untuk Covid-19 belum ada”. ungkap Kapolres Merauke.

”Terkait dengan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), mari kita semua bersinergi untuk bersama-sama tidak membakar hutan dan lahan”. ajak Kapolres Merauke kepada seluruh peserta yang hadir.

Sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut turut dihadiri Pasi Ops Korem 174/ATW Mayor Inf Nuryono, Pasi Ter Korem 174/ATW Mayor Inf Rustam Pauwah, Danramil 1707-05/Merauke Mayor Arm Budi Saputra, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Merauke yang diwakili oleh Kabid P2 Kab. Merauke Ibu Titik, Kepala Puskesmas Distrik Tanah Miring Bapak Fransiskus Koda dan seluruh perangkat Distrik serta Kepala Kampung se Distrik Tanah Miring.

Dari hasil sosialisasi tersebut nantinya pada hari Rabu tanggal tanggal 16 September 2020 akan dilaksanakan apel Linmas, Perangkat Desa, Ketua Kelompok Tani dan Babinsa serta Babinkamtibmas di Kantor Distrik Tanah Miring, dengan membawa APK yang ada di tiap Kampung guna dibentuk Tim Reaksi Cepat penanggulanagan Kebakaran Lahan di Wilayah Distrik Tanah Miring.

Sedangkan Kepala Kampung dalam mensosialisasikan Kebakaran Hutan dan Lahan dalam pelaksanaannya akan dibantu oleh Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Babinsa serta Babinkamtibmas disetiap wilayah.

About admincen