Dandim Boven Digoel Hadiri Adat Pasar Babi Pada Peringatan Masuknya Agama Khatolik Di Mumanja Ke 89 Tahun

Boven Digoel – Komandan Kodim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, ST., M.I.P dan personel Koramil Waropko ikut serta pelaksanaan adat Pasar Babi (Atatbon) dalam rangka memperingati 89 (delapan puluh sembilan) Tahun masuknya agama Khatolik di Mumanja Kab. Boven Digoel dengan tema “Iman dan budaya bertumbuh bersama mewujudkan manusia sejati (Katuk anam-anam), bertempat di Gereja Kristus Raja Ninati Kampung Ninati Distrik Ninati Kab. Boven Digoel, Selasa (11/10/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Hadir Bupati Boven Digoel Hengky Yaluwo, S.Sos, Athanasius Koknak, S.E (Ketua DPRD Kab. Boven Digoel), Pastor John Kandam, MSC (Selretaris Jenderal Keuskupan Agung Merauke), Iptu Makmur Maming (Kapolsek Waropko), Letda Inf La Iwan (Danpos Ninati Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/Woroagi), Pastor Fabianus Tutuboy (Pastor paroki Kristus Ninati), Yosepha Tambonop, S.Sos (Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Boven Digoel), Umat Kristen Khatolik Distrik Ninati dan tamu undangan.

Setibanya di lokasi, Bupati Boven Digoel beserta rombongan disambut hangat oleh warga sekitar dengan tari-tarian adat suku Muyu, kemudian dilanjutkan acara pesta babi yang diawali penyerahan babi secara simbolis kepada Hengky Yaluwo, S.Sos selaku Bupati Boven Digoel beserta rombongan.

Mengawali sambutannya, Hengky Yaluwo, S.Sos (Bupati Boven Digoel) Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ada di wilayah Ninati atas sambutan hangatnya dan telah menggagas kegiatan adat pesta babi atau pasar babi dalam rangka memperingati 89 (delapan puluh sembilan) Tahun masuknya agama khatolik di Mumanja Kab. Boven Digoel dengan thema “Iman dan budaya bertumbuh bersama mewujudkan manusia sejati (Katuk anam-anam)”.

“Harapannya kegiatan adat pesta babi ini dapat membangun silaturahmi khususnya antara umat Kristen Khatolik dan mari kita sama-sama menjaga budaya yang telah ada, jangan sampai hilang walaupun di era modern seperti sekarang ini”, katanya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untik bersama-sama bekerja membangun wilayah perbatasan Boven Digoel.

Pada kesempatan yang sama Dandim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, ST., M.I.P mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih dan rasakehormatannya karena dapat mengikuti kegiatan adat pesta babi atau pasar babi.

“Selaku Dandim saya berharap kepada warga masyarakat perbatasan khususnya Distrik Ninati untuk selalu bekerja sama membantu tugas TNI-Polri dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat serta ikut serta mendukung program-program Pemerintah Daerah Boven Digoel”, ujarnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Kehadiran TNI Disambut Bakar Batu Masyarakat Sinak Puncak

Masyarakat Papua Tengah, khususnya di Sinak Kab. Puncak menyambut gembira kehadiran Pos TNI dengan menggelar …