Home / Post / Berita / Dandim Boven Digoel Hadiri Rapat Kordinasi Lintas Sektoral Dan Tactical Floor Game

Dandim Boven Digoel Hadiri Rapat Kordinasi Lintas Sektoral Dan Tactical Floor Game

Boven Digoel – Bertempat di Polres Boven Digoel Jl. Bhayangkara No. 91 Kampung Sukanggo Distrik Mandobo Kab. Boven Digoel, Dandim 1711/BVD Letkol Czi Daniel Panjaitan menghadiri kegiatan rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Tactical Floor Game Polres Boven Digoel dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kab. Boven Digoel Tahun 2020.

Kegiatan ini dipimpin oleh AKBP Syamsurizal S.I.K (Kapolres Boven Digoel) dan dihadiri kurang lebih 20 orang.

Pada kesempatan tersebut AKBP Syamsurizal S.I.K (Kapolres Boven Digoel) menyampaikan, dalam kegiatan ini ada permainan-permainan yang nantinya akan disimulasikan saat pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kab. Boven Digoel. Memang tidak bisa 100% seperti situasi dan keadaan di lapangan, akan tetapi paling tidak ada gambaran nantinya siapa berbuat apa apabila posisi situasi eskalasinya ada peningkatan sehingga perlu kita simulasikan.

Lebih lanjut dikatakan, bentuk permainan aktivis yang disimulasikan di atas lantai ini ada dua metode yaitu Tactichal Floor Game (TFG) atau Tactichal Produk Game (TPG) biasanya kita main atau simulasi dengan menggunakan komputer dan  ditampilkan dalam layar kemudian 11 mainan digerakan sesuai dengan posisi siapa berbuat apa dalam kegiatan.

Kapolres juga mengatakan, kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi pelaksanaan dilapangan pada saat melakukan pengamanan dan juga sekaligus koordinasi apabila ada situasi peningkatan eskalasi.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 1711/BVD mengatakan, perlu adanya Jalur dan tempat evakuasi yang aman jika menghadapi peningkatan eskalasi, kita juga harus menyiapkan anggota untuk pengaman dan kendaraan evakuasi secara efektif.

Lanjutnya, Anggota yang terlibat pengamanan juga harus kita tempatkan di obyek-obyek fital di sekitar wilayah kabupaten Boven Digoel karena tidak menuntut kemungkinan masa akan bergerak ke tempat-tempat tersebut.

Dandim juga menegaskan, kegiatan ini bukan untuk menakut-nakuti masyarakat namun sebagai langkah antisipasi apabila terjadi peningkatan eskalasi masa.

“Terkait dengan rangkaian kegiatan Pemilukada kah. Boven Digoel hasil kita perlu mengetahui gambaran teknis kegiatan sehingga mempermudah dalam mengambil langkah antisipasi pada saat pelaksanaan pengamanan “. Tandasnya.

About admincen