Dandim Yawa Panen Jagung Bersama Kelompok Tani Sarumpi Jaya Di Kampung Panduami

Yapen – Dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan lewat pemanfaatan lahan tidur/lahan kosong yang ada di wilayah teritorialnya, Kodim 1709/Yawa membantu Kelompok Tani binaannya memanen tanaman jagung yang berlokasi di Kampung Panduami Distrik Kosiwo Kabupaten Kepulauan Yapen, Senin (10/10/2022).

Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.IP., M.I.P yang memimpin langsung kegiatan tersebut menjelaskan panen jagung dapat dilakukan berkat kerja keras dari Koramil 1709-01/Yapen Selatan melalui salah satu Babinsanya, yang telah berhasil mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur yang dimiliki, untuk diolah dan difungsikan menjadi lahan pertanian berupa tanaman jagung.

“Keberhasilan panen jagung diatas lahan seluas setengah hektare ini, juga terjadi berkat kesuksesan pendampingan terus menerus yang dilakukan oleh Babinsa kepada para petani, yang dimulai dengan membantu proses pembukaan lahan, pengolahan tanah, penanaman bibit jagung, perawatan tanaman, dan pemeliharaan tanaman jagung hingga masa panen saat ini,” jelas Dandim.

“Lewat panen yang hasil jagungnya sangat baik ini, tentunya dapat menjadi lahan percontohan dan juga dapat memotivasi masyarakat sekitar untuk segera memanfaatkan lahan kosongnya menjadi lahan pertanian, sehingga dapat mewujudkan swasembada pangan yang berujung kepada turut menyukseskan Program Ketahanan Pangan yang ada diwilayah Kab. Kepulauan Yapen ini,” tambah Letkol Catur.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat yang memiliki lahan kosong/tidur di kampung ini, untuk dapat memanfaatkannya menjadi lahan pertanian, karena kita telah dianugerahi tanah yang sangat subur oleh Allah SWT, Tuhan YME, maka sudah sepatutnyalah kita manfaatkan untuk bercocok tanam, sehingga dapat meningkatkan perekonomian seluruh warga dikampung ini,” harapnya.

Haris, selaku Ketua Kelompok Tani Sarumpi Jaya juga turut mengatakan sangat bersyukur dan sangat bangga sekali, karena dalam masa panen berjalan baik.

“Bapak Komandan Kodim dan seluruh jajarannya dapat hadir membantu, atas nama kelompok Tani Sarumpi Jaya, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kodim 1709/Yawa yang telah banyak membantu dan berkontribusi besar dilahan pertanian kami ini,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pasiter Kodim 1709/Yawa Kapten Inf Pawawoi Tahir, S.E, Wadanramil 1709-01/Yapsel Kapten Inf Masngudi, Danramil 1709-04/Yapbar Kapten Inf Albertus Ansanay, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Sertu Musa Yarollo dan Kelompok Tani Sarumpi Jaya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …