Home / Post / Berita / DANRAMIL 16/SOTA HADIRI PELEPASAN HAK ATAS TANAH ULAYAT YANG AKAN DIBANGUN PLBN

DANRAMIL 16/SOTA HADIRI PELEPASAN HAK ATAS TANAH ULAYAT YANG AKAN DIBANGUN PLBN

Merauke – Bertempat di Tugu Perbatasan Sota, Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke Danramil 1707-16/Sota Mayor Inf Daniel Ngilawane menghadiri acara adat berupa Pelepasan Hak Atas Tanah Ulayat Marga Ndiken seluas 4 Ha yang akan digunakan sebagai pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota. Senin (13/09/19).

Kegiatan pelepasan hak atas tanah ulayat tersebut turut dihadiri oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E., M.Si., Plt. Kepala Badan Pengelola Perbatasan Kab. Merauke Cristianus Samkakai, Kepala Distrik Sota Yuliastri Karim, S.STP., Pasi Ops Korem 174/ATW Mayor Inf Nuryono, Kasubur Pam Urpam Tubuh Lanud JA. Dimara Letda Sus Sutoyo dan Ketua LMA Kampung Sota dan Kampung Yanggandur serta ratusan masyarakat Suku Kanume yang ada di wilayah Sota.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan do’a kemudian dilanjutkan dengan acara adat setempat berupa pemukulan babi oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E., M.Si.

Dalam sambutannya Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E., M.Si. memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih banyak kepada pemilik Hak Ulayat atas sumbangsihnya berupa penyiapan lahan yang akan dibangun PLBN terpadu Sota.

”Saya berharap dalam pelaksanaan pembangunan PLBN Sota ini harus melibatkan/mengkaryakan anak asli dari Sota sendiri dan dalam pengawasannya agar melibatkan seluruh instansi terkait”. ungkap Bupati Merauke.

”Sedangkan PLBN Sota yang akan dibangun Tipe “C” ini harus dapat memberikan kenyamanan kepada para pengunjung dan terbuka untuk umum sehingga wilayah Sota ini kedepannya akan semakin ramai karena selain tempatnya nyaman juga aman”. tegasnya.

Dalam rangka pelaksanaan pembangunan PLBN Sota, Danramil 1707-16/Sota Mayor Inf Daniel Ngilawane mengajak kepada semua instansi yang terkait termasuk masyarakat setempat untuk melaksanakan kerja sama yang baik dengan pembangunan PLBN ini agar dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar.

”Sudah sepatutnya PLBN Sota yang akan dibangun ini dapat menambah memberikan rasa aman dan nyaman serta masyarakat dapat memanfaatkan Pos Lintas ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah perbatasan, untuk itu jalin komunikasi dan lakukan kerja sama yang baik antar sesama”. kata Danramil Sota

Usai sambutan dari Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E., M.Si. acara dilanjutkan prosesi peletakan Kepala Babi oleh Bupati dengan dipandu Ritual Adat Suku Kanum oleh Keluarga Marga Ndiken dan selanjutnya pembongkaran lahan secara simbolis.

About redaksi