Danrem 172/PWY Pimpin Upacara Penerimaan Satgas Kewilayahan Yonif 721/Makasau dan Yonif R 200/Bhakti Negara

Jayapura – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, memimpin upacara penerimaan Satgas Kewilayahan Yonif 721/Makasau dan Yonif R 200/Bhakti Negara, bertempat di Lapangan Pancasila Rindam XVII/Cenderawasih, Sabtu (15/4/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Dalam amanat Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Danrem 172/PWY, mengucapkan selamat datang kepada prajurit terbaik TNI Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 721/Makkasau dan Yonif R 200/Bhakti Negara di Bumi Cenderawasih.

“Papua merupakan wilayah NKRI yang memiliki nilai strategis bagi kedaulatan negara dan berpengaruh terhadap aspek pertahanan, sebagaimana tercantum dalam UU RI Nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara dan UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Oleh karenanya, diperlukan kehadiran TNI untuk menjaga kedaulatan negara, mendukung upaya pemerintah dalam percepatan pembangunan dan melindungi masyarakat di wilayah Papua,” pungkas Danrem 172/PWY.

“Terkait pelaksanaan tugas, saat ini gerombolan Kelompok Separatis Teroris (KST) sering melakukan gangguan-gangguan yang mengakibatkan keresahan bahkan timbul korban jiwa dari masyarakat, Aparat TNI-Polri, rusaknya fasilitas umum dan rumah milik masyarakat. Menyikapi hal tersebut kepada para Prajurit Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 721/Makkasau dan Yonif R 200/Bhakti Negara agar menggunakan kemampuan dan keahlian terbaik selama pelaksanaan tugas, terus waspada, jangan lengah dan pada saat bertempur harus bertempur dengan cerdas serta perkuat kemanunggalan TNI-Rakyat.”

“Pada kesempatan ini, Saya tekankan kembali apa yang sudah menjadi atensi dari Panglima TNI untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam melaksanakan tugas operasi,” tegas Brigjen TNI J.O. Sembiring.

“Jaga dan tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan, agar setiap langkah di medan penugasan selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Pahami bahwa tidak ada daerah operasi yang aman 100%, gangguan bersenjata masih ada dan harus kalian lawan dengan senjata. oleh karenanya, asah selalu naluri tempur kalian dan jaga kesiapsiagaan serta kewaspadaan setiap saat.”

“Jangan pernah lengah sedikitpun terutama pada saat kalian melaksanakan kegiatan Binter. Harus tetap ada unsur pengamanan yang siaga setiap saat. Jangan ada pelanggaran sekecil apapun selama penugasan. jaga nama baik pribadi, satuan maupun TNI serta laporkan setiap kejadian ke komando atas apa adanya, agar setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan baik,” imbuh Brigjen TNI J.O. Sembiring.

Selanjutnya Danrem 172/Brigjen TNI J.O. Sembiring menegaskan agar seluruh personel harus benar-benar memahami sepenuhnya situasi dan kondisi cuaca, medan dan musuh di daerah operasi serta melaksanakan briefing secara detail, pemetaan secara menyeluruh dan laksanakan Olah Yudha setiap akan memulai tugas,” jelas Brigjen TNI J.O. Sembiring.

“Para unsur pimpinan harus memahami dan menguasai tugas pokok, sehingga dapat merencanakan dan mengatur kegiatan dengan baik. Hindari kegiatan yang bersifat rutin dan buatlah pola kegiatan yang acak baik waktu, tempat dan rute yang dipilih sehingga tidak mudah terbaca. Selain itu, pelajari hasil evaluasi pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan oleh Satgas sebelumnya, untuk menjadi masukan dalam perencanaan kegiatan selama operasi,” kata Danrem 172/PWY.

“Bangun jiwa korsa dan kebersamaan di antara para prajurit sekalian. Jalin komunikasi yang baik antara para unsur pimpinan dengan seluruh jajaran. Dengan demikian, maka setiap permasalahan yang dihadapi baik pribadi maupun kedinasan dapat segera diketahui dan dicarikan solusinya dengan cepat dan tepat.”

“Jalin komunikasi yang baik dengan aparat Pemerintah Daerah dan aparat keamanan yang lain, serta jaga kedekatan kalian dengan masyarakat. ingatlah bahwa kehadiran kalian adalah untuk kesejahteraan rakyat. Jangan sekali-kali kalian menyakiti hati rakyat dan jangan melakukan hal-hal yang dapat merugikan masyarakat. sebaliknya, berikanlah perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat dari segala potensi gangguan keamanan,” tutup Danrem 172/PWY.

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut Para Pejabat TNI-Polri, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, dan Tokoh Pemuda.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Tigi Laksanakan Pengamanan Dan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Deiyai ~ Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Serka Petrik Yarances bersama 5 orang rekan lainya dan Bhabinkamtibmas …