Home / Post / Berita / Danrem 173/PVB Kunjungi Lokasi TMMD ke-104 Di Kampung Makmakerbo

Danrem 173/PVB Kunjungi Lokasi TMMD ke-104 Di Kampung Makmakerbo

Biak Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) regular ke-104 sejak 26 Februari lalu di Kabupten Biak Numfor, Papua dipusatkan di kampung Makmakerbo Distrik Oridek dengan sasaran fisik pembangunan 10 unit rumah tipe 45

Hingga hari ke 13 proses pembangunan fisik 10 rumah tersebut, Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Bahman melakukan kunjungan kerja ke lokasi dan melihat  langsung personil TNI serta warga yang bekerja menyelesaikan setiap rumah. Sejumlah kendala diakui tidak mengurangi semangat dan kreatifitas personil untuk menuntaskan sasaran fisik TMMD sebelum target 30 hari kerja.

“Target itu apapun yang terjadi harus bisa selesai tepat pada waktunya dan saya telah memberikan petunjuk kepada Dandim bahwa jangan mengambil waktu tepat di hari ke-30  namun tuntas sebelumnya, sehingga masih ada waktu untuk penyempurnaan sana-sini,” ujar Danrem, Senin (11/3/2019)

“Setelah tadi mengamati langsung, ada beberapa hal teknis saat pengerjaan rumah tersebut yang patut diperhatikan dengan baik sehingga kualitas bangunan terjaga. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah kontur tanah yang tidak rata, menyebabkan pengerjaan fondasi rumah memakan waktu hingga H+7, selain itu juga minimnya kesetersedian air di lokasi yang jauh dari sumber air, namun semua kendala tidak menjadikan hambatan dan ini sudah biasa bagi tentara dimana saja karena prinsipnya tidak ada rotan, akarpun jadi,” tegas Danrem.

Danrem juga berterimakasih kepada para personil TNI khususnya Kodim 1708 Biak Numfor serta  warga kampung Makmakerbo dan melalui TMMD sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Bagi anggota, terimakasih atas kerja keras yang dilakukan dan saya tekankan pentingnya menjalin kemanunggalan bersama rakyat, karena Kowil atau Komado Kewilayahan tujuan akhirnya adalah menjaga kemanunggalan dengan rakyat. Sementara bagi masyarakat setempat, semoga masyarakat berkenan dengan apa yang telah dikerjakan TNI, dan dari situlah dapat mengerti dan dekat dengan TNI, bahwa TNI selalu berupaya yang terbaik untuk masyarakat,” kata Danrem.

Sementara itu Dandim 1708 Biak Numfor Letkol Inf Ricardo Siregar selaku Dan Satgas TMMD dalam laporannya menyebutkan hingga H+13 pembangunan fisik 10 unit rumah telah mencapai 45,30% yang melibatkan 150 personil gabungan TNI Polri dan masyarakat setempat.

“Kami terus berupaya menyelesaikan pembangunan rumah warga ini secara optimal sebelum 30 hari masa pengerjaan fisik, sedangkan kegiatan non fisik juga tetap dilakukan oleh sejumlah stakeholder terkait”, tutur Dandim.

Hadir mendampingi kunjungan Danrem, Kasi Ter Korem 173/PVB Kolonel Inf Ganda Simatupang, Kasi Intel Korem 173/PVB Kol Inf Arie Tri Hendhianto, Pamen  Denmabesad Kolonel Inf Amarullah, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Biak Numfor Setyobudi, Kapenrem Mayor Caj Subiyantoro dan jajaran pejabat Kodim 1708 serta Kepala Kampung Makmakerbo Willem Makmaker. (Prd/Cen)

About redaksi